Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/12/2020, 06:59 WIB
Dian Ihsan,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Multimedia Nusantara (UMN) kembali menyelenggarakan wisuda secara daring di tengan pandemi Covid-19.

Kali ini, ada 376 wisudawan di acara Wisuda UMN XIX, termasuk lulusan pertama Magister Manajemen, Sarjana Teknik Fisika, dan Sarjana Teknik Elektro.

Baca juga: UMN Kembali Wisuda 383 Mahasiswa lewat Teknologi AR

Rektor UMN, Ninok Leksono mengapresiasi para wisudawan XIX UMN. Semua wisudawan harus terus bermimpi dan jangan menyerah di situasi pandemi saat ini.

"Pesan Pak Rektor, tetap bangun mimpi dan pikirkan cara-cara untuk meraihnya," kata Ninok dalam acara Wisuda UMN XIX, Sabtu (19/12/2020).

Justru, kata dia, saat zaman sulit dan lapangan kerja terbatas, wisudawan tidak boleh lupa berusaha dan berdoa. Salah satunya adalah menjaga pertemanan dan memperluas jaringan kontak.

Dia mencontohkan, pada saat ekonomi merosot di pandemi saat ini, masih ada sejumlah sektor yang tumbuh mengesankan, seperti e-commerce, industri IT, telekomunikasi, farmasi, dan kuliner rumahan.

Ninok beserta pimpinan UMN lainnya akan terus mendoakan, agar wisudawan XIX UMN merasa masa depan yang sukses.

"Saya dan pimpinan UMN yang lain terus mendoakan Anda semua, semoga Tuhan memberkati dan membukakan jalan sukses untuk masa depan Anda," jelas dia.

Pandemi harus jadi penyemangat

Ketua LLDikti Wilayah III Jakarta, Agus Setyo Budi memiliki pandangan yang sama dengan Rektor Ninok.

Dia mengaku, masa pandemi ini memang menjadikan tantangan bukan sekedar sebagai penghambat, tapi harus menjadi penyemangat.

"Khususnya bagi kalian mahasiswa yang di wisuda hari ini. Dengan dorongan orangtua atau wali, kalian bisa menyelesaikan pendidikan kuliah," terang Agus.

Dia menegaskan, wisuda yang dilakukan secara daring memiliki legalitas yang sama dengan wisuda luring. Jadi jangan dipandang sebelah mata.

Dia meyakini, UMN sebagai salah satu perguruan tinggi yang unggul, setiap lulusannya dipastikan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni.

Baca juga: Meski Pandemi, 257 Wisudawan UMN Harus Kreatif dan Inovatif

"Selama empat tahun mengenyam pendidikan di bangku kuliah, kelulusan bukan akhir, semoga kalian semua mampu mengaplikasi ilmu yang didapatkan. Selamat bagi wisudawan dan wisudawati UMN," tutup Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com