Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktif Organisasi dan Lomba, Matthew Raih Predikat Cendekia Utama UMN

Kompas.com - 21/11/2020, 20:48 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Matthew Everaldo wisudawan program studi (Prodi) Manajemen 2016 meraih predikat Cendekia Utama dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Prestasi ini diperoleh, karena dirinya aktif di banyak organisasi serta rutin mengikuti lomba mewakili kampus.

Pada tahun 2017, Matthew dan timnya menjadi juara I pada Kejuaraan Daerah Bola Basket Tangerang dan mewakili provinsi Banten pada Kejuaraan Nasional Bola Basket yang diadakan di Cirebon.

Baca juga: UMN Kembali Wisuda 383 Mahasiswa lewat Teknologi AR

Beberapa organisasi yang ia ikuti adalah Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) UMN, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lions Basketball, UMN Festival, Himpunan Mahasiswa Manajemen UMN, Liasion Officer Test Event Asian Games 2018, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UMN Gen 9 periode 2019-2020, dan organisasi serta workshop lainnya.

Matthew yang memperoleh IPK 3,62 dan meraih 82 poin Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa (SKKM) ini mengungkapkan sebagai mahasiswa perlu menyeimbangkan antara hard skill maupun soft skill.

"Sebagai Mahasiswa, aktivitas yang dilakukan adalah pembelajaran, di mana kita belajar untuk mengasah pengetahuan baik secara hard skill maupun soft skill. Tujuannya untuk mencapai hasil atau prestasi yang maksimal," kata dia dalam siaran persnya, Sabtu (21/11/2020).

Bukan tanpa tantangan, padatnya aktivitas antara perkuliahan, organisasi dan perlombaan membuat Matthew sadar untuk pintar membagi waktu. Jika membahas mengenai membagi waktu antara kuliah dan soft skill, tidak lepas dari adanya time management dan skala prioritas.

"Membagi waktu itu sulit, akan tetapi jika kita sudah terbiasa maka kesulitan itu akan hilang dengan sendirinya, serta pentingnya menyeimbangkan antara kegiatan akademik dan non-akademik," ucap Matthew.

Lebih lanjut Matthew menceritakan bahwa pengalaman berkuliah di UMN sangat menyenangkan, berkesan dan membekas di hatinya. Kuliah di UMN merupakan salah satu hal terbaik yang pernah saya rasakan, dengan kata lain berkesan dan membekas di hati.

Kuliah di UMN itu, lanjut dia, sangat menyenangkan, baik di kelas, kedekatan Mahasiswa baik dengan dosen maupun staff UMN, dan keseruan saat menjalani kegiatan-kegiatan kampus.

"UMN seperti rumah kedua bagi saya, dimana seluruh kegiatan yang dijalankan difasilitasi oleh UMN," jelas Matthew.

Saat ini, Matthew telah bekerja sebagai Customer Relationship Management di PT Bank Central Asia, Tbk. Ke depannya Matthew memiliki rencana untuk mengambil program pascasarjana dan membangun bisnis sendiri.

Matthew menyadari bahwa UMN menjadi tempat persiapan dan dasar pembelajarannya untuk terjun ke industri. Kesadaran inilah yang membawanya menjadi Cendekia Utama dalam Wisuda XVIII ini. UMN menjadi tempat persiapan sebelum terjun ke medan perang (pekerjaan di dunia nyata).

Baca juga: Syarat, Fokus, Porsi, dan Ketentuan Belajar Tatap Muka Tahun 2021

"Saya berharap kelulusan ini menjadi pondasi saat saya melangkah ke dunia karier dan saya percaya sebagai wisudawan UMN saya adalah pribadi yang unggul dalam segi hard skill maupun soft skill," tutup Matthew.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com