Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepatu "Kece" Karya Siswa SMAN 1 Cisarua Ramah Lingkungan

Kompas.com - 09/11/2020, 12:14 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Tak mau kalah dengan produk Cibaduyut Bandung, dua siswa SMAN 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat juga membuat sepatu yang menarik.

Tak hanya menarik, tetapi juga "kece". Bahkan Rachel Anjar Yasih dan Rispa Maulana Sya'ban membuat sepatu yang diberi mereka HIZZ Shoe menggunakan bahan yang ramah lingkungan, yakni kain perca.

Melansir akun Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) , Jumat (7/11/2020), produk ini juga meraih penghargaan pada 2020 ini.

Menurut Rispa, sebagai limbah nomor empat paling banyak di Indonesia, pemanfaatan kain perca ini membuat sepatu buatannya sangat ramah lingkungan.

Baca juga: Penguatan Peran SMK Penting dalam Membangun Desa

Tingkatkan pendapatan saat pandemi

Selain itu, dalam proses pembuatannya, produk ini juga bermitra dengan perajin sepatu di Cibaduyut untuk meningkatkan pendapatan yang menurun di masa pandemi.

Dari semua keunggulan yang dimiliki itu, HIZZ Shoe meraih medali emas di Festival dan Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tahun 2020 bidang fashion.

Dikatakan Rispa, prestasi tersebut membuatnya sangat bahagia sebab ini adalah buah proses perjuangan.

"Alhamdulillah, kita bisa meraih prestasi setelah enam bulan proses perjuangan membangun sebuah produk," tutur Rispa.

Konsisten berprestasi

Sementara Kepala SMAN 1 Cisarua, Tuti Kurniawati mengatakan, prestasi ini lebih dari sekadar perolehan medali, tetapi sebuah bukti konsistensi.

"SMAN 1 Cisarua tidak pernah absen meraih medali. Ini sejalan dengan moto sekolah 'Tiada Hari Tanpa Prestasi'," katanya seperti dikutip dari akun Instagram Disdik Jabar.

"Kita berhasil mempertahankan konsistensi untuk selalu berprestasi," imbuhnya.

Baca juga: Pesan Ganjar Pranowo untuk Siswa: Kita Pejuang yang Tidak Cengeng!

Jadi, tak ada salahnya jika kita membeli produk dalam negeri. Terlebih karya buatan siswa ini juga menarik dan ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com