Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Ganjar Pranowo untuk Siswa: Kita Pejuang yang Tidak Cengeng!

Kompas.com - 06/11/2020, 11:06 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengajak siswa Indonesia untuk tidak menyerah dengan kondisi pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia, termasuk Indonesia.

"Kita harus beradaptasi pada perubahan yang ada. Kita survive, kita bertahan, kita mencari jalan keluar dan kita tidak mengeluh," tegas Ganjar memotivasi siswa yang mengikuti webinar Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia atau KOPSI 2020 pada Kamis, 5 November 2020.

Dalam webinar bertajuk "Kepemimpinan di Era Normal Baru" ini, Ganjar juga mengajak siswa Indonesia menjadi pejuang tangguh dalam menghadapi setiap tantangan yang ada. 

Webinar ini merupakan rangkaian acara KOPSI yang digelar secara daring mulai 2-7 November 2020, di Bandung, Jawa Barat.

KOPSI menjadi gelaran kompetisi dan pembinaan siswa berprestasi paling awal yang mulai diadakan Kemendikbud sejak tahun 2009 dengan nama Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI).

Baca juga: KOPSI 2020: Gairah dan Kualitas Penelitian Siswa Tak Surut di Tengah Pandemi

 

Wajah pemimpin masa depan

Melalui kisah perjuangan masa kecilnya, di mana Ganjar berasal keluarga sederhana yang bahkan sempat menjadi penjual bensin eceran, Ganjar memberikan pesan menjadi pejuang-pejuang yang tangguh.

"Kita pejuang yang tidak cengeng. Perjuangannya itu belajar, perjuangannya berdoa dan minta restu orangtua," pesannya.

Lebih jauh Ganjar memberikan apresiasi positif kepada pada siswa peserta KOPSI yang menempuh jalur penelitian sebagai pilihan jalur perjuangan.

Menurutnya, hal ini merupakan jalur positif ketimbang memilih ikut demonstrasi padahal tidak memahami duduk soalnya secara menyeluruh.

"Meneliti ini menjadi pintu masuk bagi para siswa untuk melihat persoalan yang ada masyarakat untuk mencari solusinya. Dari persoalan kecil ini adik-adik bisa menjadi penemu solusi dengan bantuan guru-guru pendamping yang hebat," ujarnya.

Ganjar menambahkan, jalur penelitian ini menjadi "investasi" awal, kemauan awal, dan semangat awal bagi para siswa untuk dapat memberikan bantuan pada bangsa.

Ia juga mengajak siswa tulus menjalankan tugas, dan melayani rakyat nantinya dengan jujur dan berintegritas.

"Saya melihat masa depan Indonesia yang baik dari wajah-wajah anak muda ini. Negara akan menunggu kalian memimpin republik ini," ucap Ganjar bangga.

Dukungan berbagai pihak

Webinar bertajuk Kepemimpinan di Era Normal Baru Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia atau KOPSI 2020 pada Kamis, 5 November 2020 menghadirkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.DOK. PUSPRESNAS/KEMENDIKBUD Webinar bertajuk Kepemimpinan di Era Normal Baru Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia atau KOPSI 2020 pada Kamis, 5 November 2020 menghadirkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Hal senada disampaikan, I Kadek Sudiarsana, Ketua Umum Asosiasi Peneliti Muda Indonesia (APMI) menilai KOPSI 2020 menjadi pembuktian siswa dari seluruh tanah air merupakan generasi yang memiliki nilai juang tinggi.

Baca juga: KOPSI 2020, Membangun Karakter Ilmiah dan Penelitian Siswa Sejak Dini

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com