Kompas.com - 05/11/2020, 14:30 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim dalam sambutan penutupan Lomba Keterampilan Siswa Nasional Anak Berkebutuhan Khusus (LKSN-ABK) tahun 2020 (4/11/2020). LKSN-ABK digelar Pusat Prestasi Nasional secara daring 2-4 November 2020 di Bandung, Jawa Barat. DOK. PUPSRESNAS/KEMENDIKBUDMendikbud Nadiem Makarim dalam sambutan penutupan Lomba Keterampilan Siswa Nasional Anak Berkebutuhan Khusus (LKSN-ABK) tahun 2020 (4/11/2020). LKSN-ABK digelar Pusat Prestasi Nasional secara daring 2-4 November 2020 di Bandung, Jawa Barat.

KOMPAS.com - Mendikbud Nadiem Makarim secara khusus memberikan pujiannyan kepada siswa berkebutuhan khusus yang mampu menghasilkan ragam kreasi dengan hasil tidak kalah kualitas dibanding rekan sebayanya.

Pujian ini terlontar setelah melihat hasil karya anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam Lomba Keterampilan Siswa Nasional Anak Berkebutuhan Khusus (LKSN-ABK) tahun 2020 yang digelar Pusat Prestasi Nasional secara daring 2-4 November 2020 di Bandung, Jawa Barat.

Anak berkebutuhan khusus ternyata mampu membuat hasil karya yang luar biasa bahkan lebih baik dari anak-anak lainnya," ungkap Nadiem dalam penutupan LKSN-ABK 2020, Rabu, 4 November 2020.

"Semoga para pemenang terus mengikuti kompetisi ke jenjang yang lebih tinggi yaitu lomba tingkat internasional. Saya yakin kita pasti bisa bersaing dan menang,” ujar Nadiem melalui video virtualnya.

Lanjut ke tingkat internasional

Dalam kata sambutannya secara virtual, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makariem mengatakan bahwa lomba LKS-ABK yang diselenggarkan secara daring, tidak mengurangi kualitas hasil karya para peserta lomba.

Baca juga: Kisah Ibu Guru Ranti, Tak Surut Langkah Dampingi Siswa ABK Riau

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nadiem menjelaskan, bahwa para pemenang LKSN ABK tahun 2019 diikutsertakan untuk mengikuti kompetisi internasional di Malaysia dan Chicago, Amerika Serikat.

Di Malaysia, mereka meraih 3 medali perak dan 1 perunggu pada lomba 10th Penang International Halal Chefs Challenge 2019 bulan Maret 2019. Sedangkan di Chicago, satu peserta mendapatkan penghargaan pada acara Education Summit Cidesco World Congress tahun 2019 di Chichago, Amerika Serikat.

Dengan mengikuti LKSN-ABK ini, Nadiem berharap, dengan bekal mengikuti kompetisi ini, para peserta dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi, magang, ataupun bekerja.

“Saya juga mengingatkan tidak hanya prestasi yang akan membawa kalian untuk meraih cita-cita tetapi karakter yang kuat. Dengan mengikuti LKSN-ABK, adik-adik telah membuktikan bahwa adik-adik adalah pelajar Pancasila," ujar Nadiem.

"Semoga setelah ini, adik-adik dapat memperkuat yakni pelajar yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, gotong royong serta bertakwa dan berakhlak mulia,” pesannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.