Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Minta Dosen dan Mahasiswa Bidang Kesehatan jadi Duta Pencegahan Corona

Kompas.com - 16/03/2020, 19:24 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta dosen dan mahasiswa tingkat akhir di bidang kesehatan menjadi duta kesehatan dan mempromosikan pencegahan dan penanganan virus corona.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Perguruan Tinggi, Kemendikbud yang ditandatangani oleh Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam.

"Dosen program studi kesehatan dan mahasiswa Fakultas Kedokteran, Keperawatan, Kebidanan dan Tenaga Kesehatan lainnya yang sedang belajar di semester 5/6/7 atau sedang menyelesaikan tugas akhir, dimohon untuk menjadi duta kesehatan dan mempromosikan pencegahan dan penanganan Covid-19 pada komunitasnya masing-masing," demikian tertulis dalam surat edaran tersebut.

Selain itu, Kemendikbud juga meminta Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Lembaga Layanan (LL) Dikti menyampaikan kepada civitas akademik untuk menjadi duta edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), melakukan social distancing pada unit kerja masing-masing, melaksanakan dan menerapkan PHBS serta meningkatkan daya tahan tubuh, sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Pimpinan PTN dan LL Dikti juga diminta untuk menyampaikan Protokol Kewaspadaan Pencegahan Corona Virus (Covid-19) bagi dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan pada PTN dan LL Dikti masing-masing.

Kemendikbud juga meminta perguruan tinggi selalu meningkatkan kewaspadaan dalam penanggulangan apabila dalam proses belajar mengajar terdapat dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan yang sedang sakit atau kondisi badan sedang tidak bugar agar menganjurkan tidak datang bekerja dan segera berobat ke rumah sakit.

World Health Organization (WHO) telah mengubah status penularan Covid-19 dari Public Health Emergency of International Concern menjadi status Pandemi.

Sejumlah kampus di Indonesia juga telah menerapkan pembelajaran jarak jauh seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Sebelas Maret, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com