Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim FK UI dan IPB Temukan Senyawa Buah yang Potensial Tangkal Corona

Kompas.com - 16/03/2020, 15:46 WIB
Ayunda Pininta Kasih,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beragam upaya dilakukan demi mengurangi laju penyebaran virus corona yang telah dinyatakan sebagai bencana nasional di Indonesia.

Setelah sejumlah wilayah "meliburkan" sekolah dan menerapkan belajar online, tim peneliti dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) tengah bekerja sama melakukan penelitian untuk mencegah Covid-19.

Melansir laman resmi UI, tim FK UI dan IPB sedang mengembangkan penelitian terkait jambu biji (guajava) sebagai kandidat potensial untuk pencegahan virus corona.

Baca juga: Tahun Depan UN diganti Asesmen Kompetensi Minimum, ini Contoh Soalnya

Penelitian yang disampaikan pada “Seminar dan Workshop Eksplorasi Bahan Herbal Kandidat Potensial Antivirus Corona: Analisis Big Data dan In Silico”, Senin-Rabu (2-4/3/2020) di Fakultas Kedokteran UI, tersebut menggunakan metode penelitian bio-informatika dan memanfaatkan basis data miliki Laboratorium Komputasi Biomedik dan Rancangan Obat Fakultas Farmasi UI.

"Dengan total basis data sebanyak 1.377 senyawa, senyawa herbal tersebut akan dipetakan dan dikonfirmasi menggunakan metode pemodelan molekuler untuk dievaluasi aktivitas anti-virusnya," tulis laman UI, Senin (16/3/2020).

Senyawa tangkal corona

Dekan FK UI Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB mengatakan, jambu biji memiliki kandungan senyawa yang cukup lengkap untuk menangkal penyebaran Covid-19.

"Dari riset bio-informatika, kandungan dalam jambu biji mampu mencegah atau paling tidak mengurangi virus tersebut," papar Ari.

Baca juga: Rektor UNAIR Sebut Sari Daun Sambiloto Bisa Cegah Virus Corona

Dari hasil penelitian tersebut, ditemukan beberapa golongan senyawa pada jambu biji yang berpotensi menghambat dan mencegah virus corona, di antaranya hesperidia, rhamnetin, kaempferol, kuersetin, dan myricetin.

Selanjutnya, Ari juga mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan hasil penelitian ini untuk publikasi internasional dan mencari dukungan dari industri farmasi untuk produksi skala besar.

Namun, proses ini belum diketahui kapan selesainya karena membutuhkan percobaan penelitian ke binatang dan manusia.

Kendati begitu, Ari menegaskan bahwa hasil penelitian ini membutuhkan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui komponen yang tepat untuk pengobatan Covid-19.

Ia pun tetap mengimbau agar masyarakat terus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan cara mencuci tangan dengan sabun, menerapkan etika batuk dan bersin, serta menggunakan masker bagi yang sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com