Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2020, 15:45 WIB

KOMPAS.com - Penetapan virus corona sebagai bencana nasional telah membuat sejumlah daerah di Indonesia "meliburkan" sekolah dan mengganti lokasi kegiatan belajar di kelas menjadi di rumah.

Hingga Senin (16/3/2020), sejumlah wilayah yang telah menerapkan belajar jarak jauh ialah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, serta Jawa Tengah.

Walau begitu, kepala sekolah situs pembelajaran online Sekolahmu, Najelaa Shihab, melalui akun Instragram-nya mengatakan, tinggal di rumah bukan berarti menyerah untuk memberikan kesempatan belajar bagi murid, guru, dan orangtua.

"Virus corona memang telah mendunia, virus corona mengancam kesehatan kita, virus corona membatasi sekolah dan sebagian kegiatannya. Tapi, akankah kita biarkan virus menghentikan proses belajar anak-anak kita?" papar Najelaa.

Baca juga: Terkait Corona, Ini Informasi Terbaru Pelaksanaan UN 2020 dari BSNP

Demi memfasilitasi pembelajaran dari rumah, platform pembelajaran blended learning Sekolahmu menyatakan kesiapannya berkontribusi dalam penyediaan program belajar berbasis digital secara gratis bagi semua murid, guru, dan orangtua di setiap jenjang pendidikan di Indonesia.

"Dengan pengalaman mengembangkan program berkualitas yang berfokus pada setiap kebutuhan belajar anak, kami siap untuk membawa pengalaman dan pembelajaran tersebut ke platform yang bisa diakses oleh semua anak di tengah kesiagaan kita menghadapi Covid-19 seperti saat ini," terang Najelaa dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (16/3/2020).

Selain menyediakan materi belajar sesuai kurikulum, Sekolahmu juga menyediakan program edukasi terkait wabah SARS-CoV-2 untuk siswa, orangtua, dan guru, yang merupakan hasil kolaborasi Sekolahmu dengan Kemendikbud, Pemprov DKI Jakarta, dan komunitas/organisasi pendidikan.

Baca juga: Sekolah di Rumah 2 Pekan, ini Konsep Belajar Siswa di Jawa Barat

Program belajar gratis untuk murid, guru, dan orangtua

Program-program yang disediakan melalui Sekolahmu, lanjut Najelaa, telah dirancang dengan sangat baik oleh tim akademik yang berpengalaman dalam menerapkan pembelajaran online yang telah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan siswa.

Direktur Sekolahmu Radinka Qiera menambahkan, pembelajaran online ini tak hanya ditujukan bagi semua murid, tetapi juga guru, bahkan orangtua.

"Sekolahmu akan menyediakan kelas-kelas home learning bagi seluruh jenjang dari prasekolah sampai SMA, juga orang tua, sebagai pengganti kegiatan belajar mengajar di sekolah yang akan dikurangi atau ditutup karena Covid-19 secara gratis. Kami juga memfasilitasi sekolah dan guru untuk tetap dapat mengajar sesuai kurikulum yang dibutuhkan secara fleksibel," jelas Radinka.

Baca juga: Tahun Depan UN diganti Asesmen Kompetensi Minimum, ini Contoh Soalnya

Melalui program belajar Sekolahmu, sekolah-sekolah di seluruh Indonesia dapat tetap
menyelenggarakan kurikulum pembelajaran melalui www.sekolah.mu dengan cara
menyiapkan materi sendiri dengan bimbingan learning designer.

Sekolah juga dapat menggunakan materi-materi yang disediakan oleh Sekolahmu dan
sekolah mitra Sekolahmu untuk penyelenggaraan proses belajar mengajarnya.

Hingga kini, Sekolahmu telah bekerja sama dengan berbagai macam pihak, seperti pemerintah, komunitas, guru, pakar, sekolah, universitas, dan perusahaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+