Kompas.com - 16/03/2020, 17:31 WIB

KOMPAS.com- Presiden Joko Widodo telah meminta segenap masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona dan penyakit Covid-19.

Salah satu caranya, menurut Jokowi, adalah dengan memulai mengurangi aktivitas di luar rumah.

"Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah," ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor, Minggu (15/3/2020).

Baca juga: Kemendikbud Ingatkan Mahasiswa: Bukan Liburan, Belajar di Rumah

Sejumlah sekolah di berbagai daerah telah menerapkan pembelajaran dari rumah dan meniadakan kegiatan belajar tatap muka di sekolah.

Suksesnya pembelajaran anak di rumah tak lepas dari peran orangtua. Orangtua perlu untuk mengarahkan anak agar belajar dengan menyenangkan.

Berikut tips untuk menyiapkan pembelajaran untuk anak di rumah dari Pendidik Anak Berkebutuhan Khusus dan Head of Special Education Sekolah Cita Buana, Nouf Zahrah Anastasia.

1. Sederhanakan jadwal belajar

Akrab disapa Anas, ia mengatakan orangtua bisa menyederhanakan jadwal belajar anak setiap hari. Jadwal belajar bisa dibuat secara realistis.

Orangtua bisa berkonsultasi dengan guru untuk membantu membuat jadwal belajar dengan anak. Jika anak terbiasa belajar 4-7 pelajaran setiap hari, maka bisa disederhanakan menjadi 3-5 pelajar atau sesuai dengan kondisi masing-masing program anak.

"Jika tidak ada panduan dr sekolah, saat menetapkan jadwal belajar pastikan target realistis dari apa yang ingin dicapai di setiap harinya. Bisa ada jeda belajar jika diperlukan," tambah Anas.

2. Ciptakan tempat belajar yang kondusif

Belajar di rumah tentunya akan banyak tantangan seperti menonton tv, nyemil, bermain, dan lainnya. Anas mengatakan orangtua bisa menciptakan suasana belajar yang minim dari gangguan.

3. Komunikasi dengan guru

Komunikasi dengan guru bisa dilakukan secara berkala tentang program belajar di rumah. Anas mengatakan, komunikasi dengan guru penting dilakukan untuk mendiskusikan jadwal belajar, capaian belajar, dan target belajar anak di rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.