Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Belajar dari Rumah, 5 Tips Penting untuk Orangtua

KOMPAS.com- Presiden Joko Widodo telah meminta segenap masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona dan penyakit Covid-19.

Salah satu caranya, menurut Jokowi, adalah dengan memulai mengurangi aktivitas di luar rumah.

"Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah," ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor, Minggu (15/3/2020).

Sejumlah sekolah di berbagai daerah telah menerapkan pembelajaran dari rumah dan meniadakan kegiatan belajar tatap muka di sekolah.

Suksesnya pembelajaran anak di rumah tak lepas dari peran orangtua. Orangtua perlu untuk mengarahkan anak agar belajar dengan menyenangkan.

Berikut tips untuk menyiapkan pembelajaran untuk anak di rumah dari Pendidik Anak Berkebutuhan Khusus dan Head of Special Education Sekolah Cita Buana, Nouf Zahrah Anastasia.

1. Sederhanakan jadwal belajar

Akrab disapa Anas, ia mengatakan orangtua bisa menyederhanakan jadwal belajar anak setiap hari. Jadwal belajar bisa dibuat secara realistis.

Orangtua bisa berkonsultasi dengan guru untuk membantu membuat jadwal belajar dengan anak. Jika anak terbiasa belajar 4-7 pelajaran setiap hari, maka bisa disederhanakan menjadi 3-5 pelajar atau sesuai dengan kondisi masing-masing program anak.

"Jika tidak ada panduan dr sekolah, saat menetapkan jadwal belajar pastikan target realistis dari apa yang ingin dicapai di setiap harinya. Bisa ada jeda belajar jika diperlukan," tambah Anas.

2. Ciptakan tempat belajar yang kondusif

Belajar di rumah tentunya akan banyak tantangan seperti menonton tv, nyemil, bermain, dan lainnya. Anas mengatakan orangtua bisa menciptakan suasana belajar yang minim dari gangguan.

3. Komunikasi dengan guru

Komunikasi dengan guru bisa dilakukan secara berkala tentang program belajar di rumah. Anas mengatakan, komunikasi dengan guru penting dilakukan untuk mendiskusikan jadwal belajar, capaian belajar, dan target belajar anak di rumah.


4. Belajar di luar pelajaran sekolah

Anak-anak bisa belajar tentang kehidupan nyata selain belajar tentang pelajaran di rumah. Anas mengatakan, anak bisa belajar tentang aspek sosial komunikasi, kemandirian, dan keterampilan lain.

Anak-anak bisa diajak untuk mengerjakan tugas-tugas di rumah seperti membantu orang tua, membuat proyek yang menyenangkan di rumah seperti memasak bersama, dan mengurus rumah seperti mengepel rumah atau merapikan rumah.

"Kalau tugas (sekolah) baca, kerjain soal, baca kerjain soal. Nah mungkin bisa libatkan anak, buat aktivitas bareng, terutama yang di rumah orangtuanya. Jadi area belajar anak, bisa aspek akademis, sosial-komunikasi, kemandirian, dan jangan lupa untuk rekreasi," katanya.

Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan untuk mendidik anak untuk menjaga keseimbangan. Pendidikan akademik anak penting, selain itu keterampilan anak juga dibutuhkan untuk menghadapi kehidupan yang nyata.

5. Melatih komunikasi

Saat di rumah, orangtua bisa berkesempatan untuk melatih komunikasi anak. Anak bisa belajar berkomunikasi lewat diskusi-diskusi ringan.

Anas mengatakan, orangtua bisa mengajak anak diskusi dengan topik-topik yang sedang tren.

https://www.kompas.com/edu/read/2020/03/16/173156571/belajar-dari-rumah-5-tips-penting-untuk-orangtua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke