Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah DKI Jakarta Diliburkan 2 Minggu, Siswa Belajar Jarak Jauh

Kompas.com - 14/03/2020, 14:54 WIB
Ayunda Pininta Kasih,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menutup sementara semua sekolah di DKI Jakarta terkait wabah Corona. Penutupan sekolah akan dilakukan selama 2 (dua) pekan dan dimulai Senin (16/3/2020). Hal tersebut disampaikan Anies melalui siaran media.

"Penutupan sekolah ini berlaku selama dua minggu dan kami akan melakukan review kembali di akhir pekan kedua untuk melihat perkembangannya," tutur Anies usai melaksanakan rapat pimpinan seperti yang ditayangkan Kompas TV, Sabtu (14/3/2020).

Anies juga menuturkan ada sejumlah alasan mengapa keputusan tersebut diambil.

Menurutnya, dari berbagai kajian memang menunjukkan bahwa anak-anak tidak banyak terjangkit Covid-19, tetapi anak-anak sekolah bisa menjadi pembawa dan penular virus, dari orang dewasa satu ke orang dewasa lainnya.

Baca juga: Tahun Depan UN diganti Asesmen Kompetensi Minimum, ini Contoh Soalnya

"Jadi, walaupun anak-anak tidak terjangkit dan angkanya kecil, tetapi mereka bisa menularkan dari pribadi satu ke pribadi lainnya," lanjut Anies.

Alasan kedua ialah kegiatan belajar mengajar sejatinya selalu melibatkan orang dewasa untuk mengantarkan dan menjemput siswa, sehingga meningkatkan intensitas pertemuan antar orang dewasa.

Dengan keputusan tersebut, lanjut Anies, maka jajaran Dinas Pendidikan provinsi DKI Jakarta tengah menyiapkan materi belajar jarak jauh sebagai pengganti pertemuan tatap muka di sekolah.

Baca juga: Orangtua, Ini Panduan Gizi Anak Sekolah untuk Cegah Virus Corona

"Karena kita sudah mengantisipasi situasi ini sejak beberapa waktu yang lalu, maka persiapan sudah dilakukan. Bahan-bahan untuk orangtua, untuk guru, siswa, kepala sekolah, akan siap sebelum hari Senin dan Dinas Pendidikan berkoordinasi dengan semua unsur untuk melakukan itu semua," imbuhnya.

Tak hanya menutup kegiatan belajar sekolah di lingkungan Provinsi DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta juga menunda Ujian Nasional dan Ujian Sekolah.

"Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk menutup semua sekolah di lingkungan Provinsi DKI Jakarta dan akan melakukan proses belajar mengajar melalui metode jarak jauh dan bagi peserta Ujian Nasional yang akan berlangsung hari Senin besok serta Ujian Sekolah diputuskan juga ditunda," kata Anies

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com