Solo KLB Corona, Bagaimana UN SMK Besok Senin? Ini Penjelasan Kadisdik

Kompas.com - 14/03/2020, 10:45 WIB
Sejumlah siswa-siswi kelas XII di SMA Negeri 3 Surabaya melaksanakan tryout untuk persiapan menjelang ujian nasional, Selasa (26/2/2019). KOMPAS.com/GHINAN SALMANSejumlah siswa-siswi kelas XII di SMA Negeri 3 Surabaya melaksanakan tryout untuk persiapan menjelang ujian nasional, Selasa (26/2/2019).
|


KOMPAS.com - Pasca ditetapkannya Solo sebagai kejadian luar biasa (KLB) karena virus corona atau Covid-19, maka untuk sementara kegiatan belajar mengajar (KBM) diadakan di rumah.

Adapun hal itu disampaikan langsung oleh Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, Jumat (13/3/2020) malam.

Pihaknya meliburkan sekolah jenjang SD dan SMP/sederajat yakni dimulai Senin (16/3/2020) hingga 14 hari ke depan.

Baca juga: SD dan SMP di Solo Diliburkan 14 Hari karena KLB Corona

Info sementara, UN SMK digelar

Saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (14/3/2020), Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Surakarta Etty Retnowati menjelaskan bahwa meski sekolah libur karena Solo KLB corona, tetapi guru tetap masuk seperti biasa.

Terkait pelaksanaan UN SMK yang diselenggarakan Senin (16/3/2020), informasi awal yakni pelaksanaan UN 2020 masih digelar.

Untuk sementara, pihaknya masih menunggu keputusan dari Gubernur Jawa Tengah. Jadi, UN SMK juga SMA tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Informasi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, untuk sementara UN SMK dan SMA tetap dilaksanakan sesuai jadwal," katanya.

Siswa diimbau tetap tenang

Karenanya, bagi siswa kelas XII SMK dan SMA yang akan mengikuti UN 2020 diharapkan agar tetap tenang namun tetap waspada.

Pihaknya juga mengimbau pada orangtua atau wali murid juga untuk tetap tenang. Sedangkan bagi siswa yang akan UN agar mempersiapkan diri dengan baik.

Baca juga: Jangan Panik, Ini Cara Sederhana Cegah Virus Corona di Sekolah dan Rumah

"Kami berharap, siswa tetap tenang dan semoga hasilnya bisa seperti yang diharapkan," harap Etty seraya mengatakan bahwa siswa pakai masker hanya dipakai yang sedang sakit saja.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X