Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana yang Lebih Baik Dipakai, Talenan Plastik atau Talenan Kayu?

Kompas.com - 26/03/2022, 06:35 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Peralatan masak yang sering dipakai salah satunya adalah papan tatakan untuk memotong atau talenan.

Banyak orang bingung harus menggunakan talenan terbuat dari plastik atau kayu, karena kedua bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Lantas, benarkah talenan yang terbuat dari bahan plastik lebih baik ketimbang kayu?

Talenan kayu banyak menampung bakteri

Dilansir dari Consumer Reports, Senin (21/9/2022), pakar keamanan pangan biasa memperingatkan agar tidak menggunakan talenan kayu.

Sebab, talenan kayu lebih mungkin menampung bakteri daripada talenan plastik.

Tetapi, penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa kedua jenis talenan bisa aman jika kamu mengikuti beberapa langkah sederhana seperti berikut ini.

Baca juga: Benarkah Talenan Plastik Lebih Baik dari Talenan Kayu?

Setidaknya miliki dua talenan

“Miliki satu talenan untuk daging mentah, ikan, dan unggas,” kata Sana Mujahid, PhD, manajer penelitian dan pengujian keamanan pangan di Consumer Reports.

“Lalu miliki papan talenan yang khusus digunanakan untuk makanan siap saji seperti roti, buah-buahan, dan sayuran.

Langkah ini membantu mencegah kontaminasi silang, sehingga kamu tidak berisiko memindahkan salmonella atau jenis bakteri lain dari daging mentah ke sayuranmu jika kamu memotongnya di permukaan yang berbeda.

Bersihkan secara menyeluruh

Bahkan jika kamu hanya mengiris sepotong roti, ada baiknya membiasakan mencuci talenan kayu maupun plastik dengan air sabun yang panas setiap kali selesai digunakan.

Bersihkan kedua jenis talenan secara berkala dengan membanjiri permukaannya menggunakan larutan pemutih encer (4,546 liter air dicampur dengan 1 sendok makan pemutih).

Setelah itu bilas dengan air biasa. Selalu keringkan talenan sepenuhnya sebelum menyimpannya, sehingga bakteri yang menyukai kelembapan memiliki lebih sedikit kesempatan untuk tumbuh.

Sayangi talenan kayumu

Baca juga: Cara Membersihkan Talenan yang Berjamur

Setelah membersihkannya, gosokkan mineral oil food grade (minyak mineral yang aman jika tertelan manusia) dan beeswax (lilin lebah) ke permukaan talenan kayu dengan handuk kertas.

Langkah ini menciptakan penghalang di permukaan untuk mencegah penyerapan cairan, sehingga papan talenan kayu bisa bertahan lebih lama.

Bau, seperti yang berasal dari bawang putih atau bawang merah, dapat menempel bahkan pada papan kayu yang bersih.

Lulur lemon dan garam dapat membantu menghilangkannya. Iris satu buah lemon menjadi dua bagian, lalu celupkan ke dalam garam kasar.

Gosokkan lemon yang bercampur garam kasar ke permukaan talenan kayu dengan kuat, lalu bilas dengan air dingin dan keringkan.

Kapan harus mengganti talenan?

Seiring waktu, setiap talenan (baik plastik atau kayu) dapat mengembangkan goresan atau lekukan yang dalam, sehingga dapat menjebak bakteri yang kemudian dapat menyebar ke makananmu.

Jadi, segera ganti talenan milikmu jika kondisinya sudah mulai rusak dan banyak bekas potongan yang dalam.

(Sumber: Kompas.com Penulis Abdul Haris Maulana | Editor Abdul Haris Maulana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com