Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ramadan 2022, Simak 4 Jenis Makanan Terbaik untuk Berbuka Puasa

Kompas.com - 26/03/2022, 06:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Menjelang Ramadan 2022, Muslim di seluruh dunia mulai menyiapkan diri menyambut bulan puasa, salah satunya dengan mengetahui daftar makanan terbaik untuk berbuka.

Seperti yang diketahui, umat Islam yang memenuhi kriteria diwajibkan melaksanakan ibadah puasa selama bulan Ramadan, mulai fajar hingga matahari terbenam.

Saat azan magrib berkumandang, Muslim yang berpuasa dibolehkan kembali makan dan minum, atau biasa disebut berbuka puasa.

Selama berpuasa, tubuh menggunakan simpanan karbohidrat (disimpan di hati dan otot) dan lemak untuk menyediakan energi, setelah semua kalori dari makanan yang dikonsumsi pada malam hari sebelumnya habis.

Ginjal pun akan menghemat air sebanyak-banyaknya dengan mengurangi jumlah urin, karena tubuh tidak bisa menyimpan air.

Baca juga: Daftar Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil, Ini Dampaknya

Oleh sebab itu, orang yang berpuasa perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat serta cukup saat sahur dan berbuka puasa.

Meskipun menurut penelitian, puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun ada baiknya jika ditunjang dengan asupan bergizi.

Salah satu cara mendapatkan manfaat kesehatan selama berpuasa adalah dengan memilih makanan yang sehat, terutama saat berbuka puasa.

Dilansir dari British Nutrition Foundation melalui KOMPAS.com, penuhi kebutuhan cairan tubuh saat berbuka puasa. Selain minum air putih, konsumsi makanan yang mengandung air dan gula alami untuk mengembalikan energi.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Rabu (14/4/2021), berikut ini 4 jenis makanan terbaik untuk berbuka puasa:

1. Minuman

Pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah air putih, karena minuman ini dapat memberikan hidrasi tanpa tambahan kalori atau gula tambahan.

Baca juga: Tanda Kamu Mengalami Koma Makanan dan Cara Mengatasinya

Selain itu, minuman berbahan dasar susu dan buah-buahan, seperti jus buah atau es buah juga bisa menjadi pilihan menu berbuka. Akan tetapi, hindari tambahan gula untuk mencegah asupan kalori berlebih.

2. Buah kering

Kurma adalah menu berbuka puasa favorit Nabi Muhammad SAW. Kurma menyediakan gula alami untuk menambah energi, serta mengandung mineral seperti kalium, tembaga, dan mangan, bahkan sumber serat.

Selain kurma, buah-buahan kering seperti aprikot, buah tin, kismis atau plum, yang mengandung serat dan nutrisi, cocok untuk menu buka puasa.

3. Buah-buahan segar

Buah-buahan segar seperti apel, pir, pepaya, atau semangka menyediakan gula alami untuk tambahan energi, cairan, dan berbagai vitamin dan mineral.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com