Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Kolesterol

Kompas.com - 13/03/2022, 22:13 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Kadar kolesterol yang tidak terkontrol bisa berakibat fatal pada tubuh. Di antaranya adalah menyebabkan penyakit seperti jantung koroner dan stroke.

Karena itu, penting untuk menjaga kesehatan dengan cara mengontrol kadar kolesterol di tubuh. Salah satu caranya adalah dengan menjalani pola makan sehat.

Namun perlu diketahui terlebih dahulu bahwa tidak semua kolesterol pada tubuh berdampak negatif.

Sebab kolesterol dalam tubuh terbagi menjadi dua, yakni kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein atau HDL.

Baca juga: 4 Jenis Olahraga yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

LDL merupakan kolesterol yang bisa menyebabkan penyakit atau lebih dikenal sebagai kolesterol jahat. Sedangkan kolesterol HDL disebut juga sebagai kolesterol baik.

HDL dapat membantu menghilangkan kolesterol tubuh melalui hati. Kadar kolesterol HDL yang tinggi justru dapat mengurangi risiko masalah jantung dan stroke.

Sebaliknya, kadar kolesterol LDL yang tidak terkontrol dapat menyebabkan plak lemak yang menumpuk di arteri seluruh tubuh.

Makanan yang perlu dihindari penderita kolesterol tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menjalani pola makan sehat merupakan salah satu upaya untuk mengontrol kadar kolesterol.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan agar penderita kolesterol tinggi mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh dan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh.

Berikut makanan yang sebaiknya dihindari penderita penyakit kolesterol tinggi:

Baca juga: Penderita Kolesterol Tinggi, Sebaiknya Hindari 6 Jenis Makanan Ini

1. Daging berlemak

Daging yang mengandung lemak jenuh, baik itu ayam maupun sapi, disarankan bagi penderita kolesterol untuk menguranginya.

Sebab, kandungan lemak kolesterol pada kedua daging tersebut cukup tinggi. Pada paha ayam misalnya. 100 gram paha ayam mengandung 127 mg kolesterol atau 42 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian.

Ilustrasi hati dan ampela ayam, jeroan untuk sambal goreng. SHUTTESTOCK/WEERASTUDIO Ilustrasi hati dan ampela ayam, jeroan untuk sambal goreng.

2. Jeroan

Tak hanya daging berlemak, bagian dalam atau jeroan seperti paru, hati, dan ginjal juga memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

Meski sebagian orang sangat menyukainya karena rasa jeroan yang nikmat, konsumsi jeroan sangat perlu dibatasi bagi penderita kolesterol.

Contohnya, 100 gram jeroan hati sapi mengandung 494 mg kolesterol yang sama dengan 164 persen kebutuhan kolesterol harian seseorang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com