Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Bagian Tubuh Ini, Bisa Tunjukkan Kepribadian dan Kecerdasan Anda

Kompas.com - 13/03/2022, 21:25 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis


KOMPAS.com - Beberapa bagian tubuh yang bisa menunjukkan ciri kecerdasaan seseorang dianggap mitos belaka.

Namun, ternyata ilmuwan menemukan data bahwa hal tersebut tidak hanya mitos dan bisa dibuktikan secara ilmiah.

Dilansir dari Brightside, meski bentuk wajah dan tubuh manusia terbentuk oleh DNA atau genetik dan bukan karena bentuk kepribadian manusia, namun beberapa studi mengungkapkan bahwa bentuk tubuh kita bisa mengungkapkan beberapa tipe kepribadian yang kita miliki.

Sebuah studi menyatakan bahwa genetiklah yang bisa membentuk respons diri kita dalam menghadapi dunia. Nah dari sinilah kita jadi bisa menilik bentuk-bentuk kepribadian lewat ciri tubuh.

Bagian tubuh yang menunjukkan kepribadian dan kecerdasan

Bentuk hidung

Menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of Craniofacial di tahun 2013, jaringan lunak yang menautkan tulang hidung dan membentuk wajah kita bisa menyingkap beberapa kepribadian manusia.

Orang dengan hidung panjang biasanya adalah orang ambisius, pekerja keras, dan profesional.

Baca juga: Bagian Tubuh yang Menyingkap Kepribadian dan Kecerdasan Manusia

Orang dengan hidung cenderung pendek biasanya sensitif namun loyal. Mereka menghargai perasaan orang lain, dan lebih memilih kebahagiaan dalam keluarga dibanding kesuksesan dalam berkarir.

Sedangkan orang dengan hidung lancip biasanya bisa mengelola keuangan dengan baik sehingga cocok jadi penasihat keuangan.

Sementara orang dengan lubang hidung yang besar justru kebalikannya, mereka cenderung lebih suka menghambur-hamburkan uang daripada menyimpannya.

Namun orang dengan lubang hidung kecil, memiliki kualitas kesetiaan tinggi, bisa menjaga komitmen dengan pasangan juga keluarganya.

Bentuk wajah

Cesare Lombroso, penemu dan pendiri criminal anthropology, menyatakan bahwa tipe kriminalitas bisa dilihat dari tipe wajah pelakunya.

Sebuah penelitian di tahun 2014 dan sudah diterbitkan di Plos One Journal mengajak 160 partisipan untuk menganalisis kecerdasan 80 siswa dilihat dari foto diri para siswa tersebut.

Dan berikut hasil yang didapat:

Orang dengan wajah panjang cenderung lebih cerdas, sedangkan orang dengan wajah sempit cenderung lebih peka secara emosional.

Sedangkan orang dengan wajah yang lebar lebih cenderung gampang menghakimi, kurang menggunakan perasaan, namun cenderung sukses dalam karir dan pekerjaan.

Bentuk mata

Baca juga: Pilihan Gaya Rambut Pendek Sesuai Bentuk Wajah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com