Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perhatikan Bagian Tubuh Ini, Bisa Tunjukkan Kepribadian dan Kecerdasan Anda

KOMPAS.com - Beberapa bagian tubuh yang bisa menunjukkan ciri kecerdasaan seseorang dianggap mitos belaka.

Namun, ternyata ilmuwan menemukan data bahwa hal tersebut tidak hanya mitos dan bisa dibuktikan secara ilmiah.

Dilansir dari Brightside, meski bentuk wajah dan tubuh manusia terbentuk oleh DNA atau genetik dan bukan karena bentuk kepribadian manusia, namun beberapa studi mengungkapkan bahwa bentuk tubuh kita bisa mengungkapkan beberapa tipe kepribadian yang kita miliki.

Sebuah studi menyatakan bahwa genetiklah yang bisa membentuk respons diri kita dalam menghadapi dunia. Nah dari sinilah kita jadi bisa menilik bentuk-bentuk kepribadian lewat ciri tubuh.

Bagian tubuh yang menunjukkan kepribadian dan kecerdasan

Bentuk hidung

Menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of Craniofacial di tahun 2013, jaringan lunak yang menautkan tulang hidung dan membentuk wajah kita bisa menyingkap beberapa kepribadian manusia.

Orang dengan hidung panjang biasanya adalah orang ambisius, pekerja keras, dan profesional.

Orang dengan hidung cenderung pendek biasanya sensitif namun loyal. Mereka menghargai perasaan orang lain, dan lebih memilih kebahagiaan dalam keluarga dibanding kesuksesan dalam berkarir.

Sedangkan orang dengan hidung lancip biasanya bisa mengelola keuangan dengan baik sehingga cocok jadi penasihat keuangan.

Sementara orang dengan lubang hidung yang besar justru kebalikannya, mereka cenderung lebih suka menghambur-hamburkan uang daripada menyimpannya.

Namun orang dengan lubang hidung kecil, memiliki kualitas kesetiaan tinggi, bisa menjaga komitmen dengan pasangan juga keluarganya.

Bentuk wajah

Cesare Lombroso, penemu dan pendiri criminal anthropology, menyatakan bahwa tipe kriminalitas bisa dilihat dari tipe wajah pelakunya.

Sebuah penelitian di tahun 2014 dan sudah diterbitkan di Plos One Journal mengajak 160 partisipan untuk menganalisis kecerdasan 80 siswa dilihat dari foto diri para siswa tersebut.

Dan berikut hasil yang didapat:

Orang dengan wajah panjang cenderung lebih cerdas, sedangkan orang dengan wajah sempit cenderung lebih peka secara emosional.

Sedangkan orang dengan wajah yang lebar lebih cenderung gampang menghakimi, kurang menggunakan perasaan, namun cenderung sukses dalam karir dan pekerjaan.

Selama ratusan tahun, para ahli meyakini bahwa bentuk mata bisa menyimpan ciri kepribadian seseorang.

Bahkan dikutip dari Mirror, Joanna Rowe dari Universitas Louisville menemukan data bahwa beberapa manusia cerdas di dunia seperti Marie Curie dan Stephen Hawking, memiliki mata biru yang cemerlang.

Sedangkan mereka yang unggul dalam aktivitas fisik, memiliki mata dengan warna lebih gelap.

Lewat penelitian ditemukan bahwa orang dengan mata lebar dan besar lebih ekspresif dan emosional, juga sangat detil dan bersemangat hidup.

Selain itu, orang dengan mata lebar dan besar juga sering dikaitkan dengan tingkat kecerdasan di atas rata-rata dan memiliki kepribadian yang ramah.

Sedangkan orang dengan mata yang cekung dan dalam biasanya memiliki kepribadian misterius dan suka mengamati banyak hal.

Bentuk bibir

Menurut Jean Haner, ahli pembaca wajah, bentuk bibir menyimpan rahasia kepribadian manusia.

Orang dengan bibir medium biasanya membenci drama, menghargai afeksi dan sangat mandiri dalam sebuah hubungan.

Orang dengan bibir lebih besar atau tebal kebanyakan sangat peduli dan merawat orang lain.

Dan orang dengan bentuk bibir lebar atau memanjang ke samping, sangat murah hati dan peduli terhadap orang-orang yang mereka sayang.

Sedangkan orang dengan bibir tipis cenderung kompetitif dan penyendiri.

Namun biasanya, laki-laki dengan bibir tipis lebih cerdas dalam berpikir, dan laki-laki yang memiliki bibir bawah lebih tebal cenderung susah dipercaya.

Bentuk jari-jemari kita berbeda-beda. Menurut penelitian, panjang dari jari-jemari kita dipengaruhi oleh kadar testoteron ketika kita masih di dalam kandungan.

Berikut ini ciri kepribadian dilihat dari bentuk jari:

Jika jari manis lebih panjang daripada jari telunjuk, biasanya orang tersebut memiliki kepribadian yang menarik. Mereka rela merisikokan segalanya demi orang yang dicintainya.

Sedangkan jika jari telunjuk lebih panjang dari jari manis, maka orang tersebut biasanya memiliki bakat menjadi pemimpin yang tinggi.

Jika kedua jari tersebut sama panjang, orang tersebut cenderung lihai berkomunikasi dan pintar menjaga keseimbangan.

Dilansir dari Mirror, penelitian yang dilakukan University of Bath menyatakan bahwa anak laki-laki dengan jari telunjuk pendek biasanya lebih cerdas, sedangkan anak perempuan dengan panjang telunjuk dan jari manis yang sama biasanya juga memiliki kepintaran di atas rata-rata.

(Sumber: Kompas.com Penulis Inten Esti Pratiwi | Editor Inten Esti Pratiwi)

https://www.kompas.com/wiken/read/2022/03/13/212500981/perhatikan-bagian-tubuh-ini-bisa-tunjukkan-kepribadian-dan-kecerdasan-anda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke