Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Kolesterol

Karena itu, penting untuk menjaga kesehatan dengan cara mengontrol kadar kolesterol di tubuh. Salah satu caranya adalah dengan menjalani pola makan sehat.

Namun perlu diketahui terlebih dahulu bahwa tidak semua kolesterol pada tubuh berdampak negatif.

Sebab kolesterol dalam tubuh terbagi menjadi dua, yakni kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein atau HDL.

LDL merupakan kolesterol yang bisa menyebabkan penyakit atau lebih dikenal sebagai kolesterol jahat. Sedangkan kolesterol HDL disebut juga sebagai kolesterol baik.

HDL dapat membantu menghilangkan kolesterol tubuh melalui hati. Kadar kolesterol HDL yang tinggi justru dapat mengurangi risiko masalah jantung dan stroke.

Sebaliknya, kadar kolesterol LDL yang tidak terkontrol dapat menyebabkan plak lemak yang menumpuk di arteri seluruh tubuh.

Makanan yang perlu dihindari penderita kolesterol tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menjalani pola makan sehat merupakan salah satu upaya untuk mengontrol kadar kolesterol.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan agar penderita kolesterol tinggi mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh dan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh.

Berikut makanan yang sebaiknya dihindari penderita penyakit kolesterol tinggi:

1. Daging berlemak

Daging yang mengandung lemak jenuh, baik itu ayam maupun sapi, disarankan bagi penderita kolesterol untuk menguranginya.

Sebab, kandungan lemak kolesterol pada kedua daging tersebut cukup tinggi. Pada paha ayam misalnya. 100 gram paha ayam mengandung 127 mg kolesterol atau 42 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian.

2. Jeroan

Tak hanya daging berlemak, bagian dalam atau jeroan seperti paru, hati, dan ginjal juga memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

Meski sebagian orang sangat menyukainya karena rasa jeroan yang nikmat, konsumsi jeroan sangat perlu dibatasi bagi penderita kolesterol.

Contohnya, 100 gram jeroan hati sapi mengandung 494 mg kolesterol yang sama dengan 164 persen kebutuhan kolesterol harian seseorang.

3. Produk susu tinggi lemak

Produk susu full fat memang kaya akan nutrisi seperti protein, fosfor, ataupun kalsium. Namun di sisi lain, susu full fat juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Dalam satu cangkir produk olahan susu full fat atau sekitar 245 gram mengandung kurang lebih 31,8 mg kolesterol. Karena itu, penderita kolesterol disarankan tidak mengonsumsi susu full fat secara berlebihan.

4. Hidangan penutup atau desert

Hidangan penutup atau desert bisa berupa kue, es krim, dan makanan lain yang cenderung manis dan mengandung kolesterol tinggi.

Sebagai contoh, dalam 1/2 cup (200 gram) chocolate mousse mengandung 283 mg kolesterol yang merupakan 94 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian. Sementara itu, dalam 1/2 cup es krim manis, terkandung 33 persen kebutuhan kolesterol harian.

Karena itu, konsumsi desert yang berlebihan dalam jangka waktu yang panjang dapat meningkatkan potensi risiko penyakit, seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, atau bahkan kanker.

5. Daging olahan

Daging olahan memang memiliki keunggulan dari segi kepraktisan. Namun, terlalu sering mengonsumsi daging olahan juga tidak baik.

Dilansir dari Health Line, penelitian yang melibatkan lebih dari 614.000 peserta menunjukkan bahwa tambahan 2 ons (50gram) daging olahan perhari memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi, yakni 42 persen.

6. Seafood

Terakhir ada seafood. Banyak orang yang menggemari jenis makanan yang satu ini. Selain rasanya yang nikmat, tidak sulit untuk mengola seafood menjadi masakan yang lezat.

Sayangnya, seafood atau makanan laut memiliki risiko yang tinggi bagi penderita kolesterol. Sebab, olahan seafood seperti kerang, kepiting, dan udang merupakan makanan yang tinggi kolesterol.

Dari ketiga jenis seafood tersebut, udang memiliki kandungan kolesterol yang paling tinggi. Sebagai contoh dalam 85 gram udang, terkandung 214 mg kolesterol.

Itu tadi sejumlah makanan yang harus dihindari oleh seseorang yang memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi.

(Sumber:Kompas.com/Alinda Hardiantoro | Editor: Rizal Setyo Nugroho)

https://www.kompas.com/wiken/read/2022/03/13/221300881/6-makanan-yang-sebaiknya-dihindari-penderita-kolesterol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke