Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tanaman Bahan "Skincare" Alami yang Sedang Tren

Kompas.com - 24/01/2022, 09:20 WIB
Kompasianer Jeniffer Gracellia,
Farid Assifa

Tim Redaksi

Sumber Kompasiana

KOMPAS.com - Tren skincare teruslah berubah setiap tahun. Berbagai inovasi bermunculan untuk menemukan bahan terbaik yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Kulit kusam, pori-pori besar, jerawat, penuaan, dan juga komedo adalah beberapa permasalahan kulit yang banyak dialami oleh perempuan Indonesia.

Zap Clinic pada tahun 2020 merilis survei dengan judul “ZAP Beauty Index 2020”.

Survei ini menemukan bahwa 82,5 persen dari 6.250 respondens beranggapan bahwa ‘cantik’ berarti memiliki kulit cerah dan glowing.

Jika berbicara mengenai skincare, negara yang menjadi kiblat inovasi skincare tentulah Korea Selatan.

Survei dari Zap Clinic menemukan bahwa 57,6 persen perempuan Indonesia tertarik dan menggunakan produk dari Korea Selatan, kemudian diikuti dengan Indonesia (37,5 persen) dan Jepang (22,7 persen).

Baca juga: Ingin Kulit Sehat dan Kencang, Perlukah Minum Kolagen?

Menjawab permintaan perempuan Indonesia, beberapa tahun terakhir ini berbagai merek skincare dari dalam negeri memang terus menjamur.

Dengan manfaat yang sama tetapi dengan harga yang lebih murah, skincare lokal memang jadi andalan banyak perempuan.

Misalnya penulis, sudah sekitar satu tahun mencoba produk skincare lokal. Sekarang, 6 dari 11 produk yang penulis pakai setiap hari adalah produk lokal. Sisanya adalah produk dari Jepang dan Korea Selatan.

Tidak dapat dipungkiri Korea Selatan terus menjadi pencetus berbagai tren skincare di dunia.

Selain mencetus tren menggunakan skincare, di mana salah satunya adalah teknik layering yang memupuk beberapa produk skincare sekaligus, Korea Selatan juga banyak memopulerkan bahan skincare dari tanaman.

Terdapat 4 tanaman yang akhir-akhir ini sedang tren, dipercaya sebagai jawaban dari berbagai permasalahan kulit perempuan.

1. Cica (Centella asiatica)

Dunia skincare beberapa waktu belakang sedang mengalami ‘demam centella’. Kita dapat dengan mudah menemukan produk-produk yang berbahan dasar centella, dari pencuci muka, toner, obat jerawat, hingga masker wajah sekalipun.

Ilustrasi centella asiatica atau daun pegagan PIXABAY/BISHNU SARANGI Ilustrasi centella asiatica atau daun pegagan
Centella asiatica yang juga dikenal dengan nama Cica ini menjadi primadona di dunia skincare karena segudang manfaatnya.

Dikutip dari Klikdokter, Centella asiatica bermanfaat untuk mengurangi peradangan kulit, mempercepat penyembuhan luka, membantu mengatasi jerawat, anti-penuaan, menjaga kelembaban kulit, hingga mengurangi selulit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com