Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membasmi Hama Semut pada Tanaman Aglonema dengan Satu Bahan

Kompas.com - 04/06/2022, 08:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Cara membasmi hama semut pada aglonema perlu diketahui, terutama oleh orang yang merawat tanaman hias tersebut.

Pasalnya, semut adalah salah satu hama yang sering menyerang aglonema hingga membuat daun tanaman hias itu berlubang serta kerusakan lainnya.

Jika tidak segera ditangani dengan benar, kerusakan pada aglonema akibat hama semut bisa berujung fatal.

Oleh sebab itu, hama semut yang menyerang aglonema harus segera diatasi agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membasmi hama semut yang menyerang tanaman aglonema, salah satunya dengan menggunakan furadan.

Baca juga: Cara Membasmi Lalat Buah yang Berterbangan di Rumah

Furadan adalah insektisida yang dapat membasmi berbagai jenis hama pada tanaman, terutama hama penggerek batang, cacing, ulat, dan semut.

Dilansir dari kanal YouTube Flower Mix Manado melalui KOMPAS.com, berikut ini cara mengatasi hama semut pada tanaman aglonema menggunakan furadan.

Bahan yang dibutuhkan:

  • Furadan 3GR

Cara membasmi hama semut pada tanaman aglonema

1. Taburkan furadan ke media tanam

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Rabu (18/8/2021), cara mengatasi hama semut pada tanaman aglonema yang pertama adalah dengan menaburkan furadan secukupnya.

Taburkan sejumput furadan ke pinggiran media tanam aglonema atau area yang didatangi semut. Dalam sekali penaburan, hama semut yang menyerang tanaman aglonema pun akan pergi.

Baca juga: Cara Membasmi Sarang Rayap di Rumah dengan Larutan Garam

Penaburan furadan untuk tanaman aglonema cukup dilakukan sebanyak satu kali dalam sebulan. Pasalnya, furadan mengandung bahan kimia keras yang dapat membuat tanaman stres.

Hindari juga menaburkan furadan terlalu banyak kepada aglonema agar tidak terjadi over dosis.

2. Taburkan furadan di alas pot tanaman

Selain ditaburkan di media tanam, furadan juga bisa ditaburkan di alas atau sekitar pot aglonema bagian luar agar semut dan hama lainnya tidak mendekat.

Menaburkan furadan di alas atau sekitar bagian luar pot tanaman aglonema lebih aman karena dapat mengurangi efek buruk bagi tanaman.

Selain itu, penaburan furadan di alas atau bagian luar pot tanaman aglonema bisa dilakukan kapan pun.

(Penulis: Abdul Haris Maulana | Editor: Esra Dopita Maret)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com