Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membasmi Lalat Buah yang Berterbangan di Rumah

Kompas.com - 29/05/2022, 17:05 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Cara membasmi lalat buah perlu diketahui, sebab tak sedikit orang yang terganggu dengan kehadiran hewan tersebut di rumah.

Seperti namanya, lalat buah biasanya terbang dan mengerubungi buah yang disimpan di ruangan. Hewan ini memiliki bentuk menyerupai lalat pada umumnya, namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Dilansir dari Martha Stewart melalui KOMPAS.com, Chief Entomologist untuk National Pest Management Association, Jim Fredericks mengatakan, lalat buah tidak begitu saja muncul, ia biasanya mengerubungi buah yang mulai membusuk.

Lalat buah dapat mendeteksi bau buah yang difermentasi dari jarak sangat jauh. Perawakannya yang kecil memungkinkannya masuk rumah lewat celah sangat kecil, termasuk jendela dan pintu kawat nyamuk,” kata Fredericks.

Lalat buah bisa bertelur hingga 500 telur sekaligus. Sesaat setelah telurnya menetas, lalat buah dapat hidup selama 25-30 hari, sehingga tak heran bila melihat hewan ini dalam kelompok yang besar.

Baca juga: Cara Membasmi Sarang Rayap di Rumah dengan Larutan Garam

Lalat buah bukan hanya mengganggu, namun juga dianggap menjijikan. Oleh sebab itu, membasmi lalat buah yang berterbangan di rumah menjadi sangat penting.

“Sama dengan spesies lalat lainnya, lalat buah memiliki empat tahapan dalam siklus hidupnya. Siklus ini dapat diselesaikan hanya dalam waktu seminggu dalam kondisi ideal,” ujar Fredericks.

Cara membasmi lalat buah

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membasmi lalat buah yang berterbangan di rumah, salah satunya adalah dengan menghilangkan tempatnya berkembang biak.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Jumat (27/5/2022), Fredericks mengatakan, telur lalat buah sudah ada pada buah atau sayuran yang dibawa pulang dari pasar tradisional, pasar swalayan, maupun toko kelontong.

“Mereka sangat kecil, tidak banyak yang bisa dilakukan untuk mencegahnya masuk,” jelasnya.

Baca juga: Cara Membasmi Rumput Liar dengan Sabun Cuci Piring dan Garam

Akan tetapi, Fredericks menyarankan agar mengawasi setiap buah yang tersisa di meja dan membuang buah yang busuk ke tempat sampah tertutup atau ke luar ruangan.

Selain itu, buang sampah dapur setiap hari dan menjaga kebersihan tempat sampah. Pasalnya, tempat sampah juga menjadi tempat pertumbuhan lalat buah.

Cara lain mencegah lalat buah yang muncul di rumah adalah menghadirkan tanaman herbal seperti rosemari dan selasih.

(Penulis: Nabilla Ramadhian | Editor: Esra Dopita Maret)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com