3 Jenis Buah yang Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Kompas.com - 24/10/2021, 22:47 WIB
Ilustrasi buah-buahan. Cara mengolah sayur dan buah yang benar bertujuan agar kandungan vitamin tidak hilang. FREEPIKIlustrasi buah-buahan. Cara mengolah sayur dan buah yang benar bertujuan agar kandungan vitamin tidak hilang.

KOMPAS.com - Buah-buahan banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, kandungan dalam buah-buahan juga dapat membantu mencegah banyak jenis penyakit.

Salah satu penyakit yang bisa diminimalisir risikonya dengan cara mengonsumsi buah-buahan adalah darah tinggi. Seperti diketahui, tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko paling umum yang dapat dicegah untuk melindungi jantung.

Cara untuk mengurangi tingkat tekanan darah tinggi antara lain adalah menjalani gaya hidup sehat, termasuk dengan memperhatikan pola makan.

Misalnya mengikuti diet yang bergizi dan menyehatkan jantung disarankan untuk semua orang dengan tekanan darah tinggi. Selain itu, konsumsi beberapa jenis buah-buahan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi juga perlu dibiasakan.

Baca juga: 3 Buah untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Melansir berita Kompas.com (5/6/2021), berikut adalah buah yang baik dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Buah Jeruk

Buah jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengontrol tekanan darah.

Termasuk jeruk bali dan lemon, buah jeruk dipercaya memiliki efek penurun tekanan darah yang kuat.

Sebuah penelitian selama 5 bulan yang melibatkan 101 wanita Jepang menunjukkan, minum jus lemon setiap hari yang dikombinasikan dengan olahraga berjalan dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.

Penelitian tersebut juga menunjukkan, minum jus jeruk dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

2. Buah beri

Buah yang satu ini sering dikaitkan dengan pencegahan penyakit, antara lain mampu menurunkan risiko penyakit jantung melalui kontrol tekanan darah tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.