Kenapa Seragam Satpam Mirip dengan Polisi? Ternyata Ini Jawabannya

Kompas.com - 03/10/2021, 07:15 WIB
Salah satu satpam di sebuah mal di kawasan Jakarta Barat mengenakan seragam baru berwarna cokelat seperti seragam polisi, Kamis (14/4/2021). KOMPAS.COM/ IRA GITASalah satu satpam di sebuah mal di kawasan Jakarta Barat mengenakan seragam baru berwarna cokelat seperti seragam polisi, Kamis (14/4/2021).

KOMPAS.com - Banyak yang bertanya, kenapa seragam yang kenakan satuan pengamanan atau Satpam saat ini mirip dengan seragam kepolisian? tentu ada alasan dibalik ketentuan tersebut.

Hampir di setiap tempat publik, Anda melihat satpam yang berseragam baju atasan berwarna cokelat muda dan bawahan berwarna coklat tua.

Ada tanda kepangkatan yang terbuat dari kain dan logam, serta dipasang pada pundak kanan dan kiri, mirip dengan seragam petugas kepolisian.

Kebijakan seragam baru ini berdasarkan Peraturan Kepala kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Lantas, mengapa seragam Satpam dibuat mirip dengan petugas kepolisian?

Jawaban mengapa seragam satpam mirip polisi

Sesuai dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa, seragam terbaru satpam baik pria maupun wanita, yaitu mengenakan baju atasan coklat muda dan bawahan coklat tua.

Baca juga: Ini Alasan Seragam Satpam Dibuat Mirip dengan Polisi

Tingkatannya, tanda pangkat pelaksana dengan segitiga satu buah, pelaksana madya dengan segitiga dua buah, dan pelaksana utama dengan segitiga tiga buah.

Dikutip dari Kompas.com, 15 September 2020, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri saat itu, yakni Brigjen (Pol) Awi Setiyono menjelaskan alasan perubahan seragam tersebut.

Alasan perubahan seragam itu adalah untuk menumbuhkan kebanggaan satpam terhadap profesi mereka serta menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri.

"Terjalin kedekatan emosional antara Polri dan satpam, menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengembang fungsi kepolisian terbatas. Memuliakan profesi satpam, dan menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat," kata Awi.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.