Ada Malware Sedot Pulsa, Segera Cek 200 Aplikasi Ini di Ponsel Android

Kompas.com - 02/10/2021, 21:35 WIB
Ilustrasi malware. Malware adalah perangkat lunak berbahaya seperti virus, worm, Trojan, dan lain-lain. FREEPIK/RAWPIXEL.COMIlustrasi malware. Malware adalah perangkat lunak berbahaya seperti virus, worm, Trojan, dan lain-lain.

KOMPAS.com - Para pengguna smartphone Android di seluruh dunia kini dikabarkan terjangkit program berbahaya (malware) yang bisa menyedot pulsa.

Sekitar 10 juta ponsel cerdas Android di lebih dari 70 negara, termasuk Indonesia, terkena imbas malware yang sudah beroperasi sejak November 2020 itu.

Setidaknya begitu menurut firma riset mobile security asal Amerika Serikat (AS), Zimperium, dalam laporan terbarunya yang dirilis belum lama ini.

Menurut mereka, malware bernama "GriftHorse" ini diselipkan oleh pembuatnya, ke lebih dari 200 aplikasi Android di toko aplikasi Google Play Store, dan bisa menyedot pulsa pemilik ponsel.

Baca juga: Waspada, 8 Aplikasi Berkedok Penambang Kripto Bawa Malware Berbahaya

 

Cara kerja malware GriftHorse

Saat malware ini menyusup ke dalam ponsel, GriftHorse akan membombardir pengguna dengan notifikasi bahwa pemilik ponsel mendapatkan hadiah dan penawaran menarik dari aplikasi tersebut.

Lalu, jika notifikasi tersebut di-klik, pengguna lantas akan dialihkan ke suatu situs web yang akan meminta mereka memasukkan nomor handphone, jika mereka ingin melihat jenis hadiahnya, atau mengklaimnya.

Apabila pengguna benar-benar terkecoh dan memasukkan nomor handphone-nya, mereka otomatis akan terdaftar pada layanan SMS berlangganan.

SMS berlangganan inilah yang disebut bisa menyedot pulsa secara diam-diam hingga 30 Euro (sekitar Rp 500.000) per bulan.

Dari operasi malware ini, dalang penyebar GriftHorse disebut bisa mendulang pendapatan antara 1,2 juta Euro (sekitar Rp 20 miliar) hingga 3,5 juta Euro (sekitar Rp 58 miliar) per bulan.

Baca juga: Hati-hati, 9 Aplikasi Android Ini Berisi Malware dan Bisa Retas Akun Facebook

 

Dilaporkan agar dihapus dari Google Playstore

Zimperium mengklaim, pihaknya sudah melaporkan hal ini ke Google, dan ratusan aplikasi Android yang terjangkit GriftHorse tadi disebut sudah dihapus dari Play Store.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.