Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

3 Manfaat Mendengarkan Podcast

Kompas.com - 30/11/2022, 21:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Podcast dengan konten audionya menjadi salah satu media yang semakin digemari oleh masyarakat. Selain karena dapat diakses dengan mudah, podcast juga populer karena kontennya yang sangat menghibur sekaligus memiliki informasi.

Beberapa tahun yang lalu podcast mungkin terdengar asing, tetapi sekarang banyak orang yang mendengarkannya untuk menemani aktivitas sehari-hari, terutama anak-anak muda dan orang dengan waktu terbatas.

Jika kamu belum pernah mendengarkan sebuah podcast sebelumnya, ada baiknya kamu mulai mencoba mengakses beberapa konten yang sekiranya menarik perhatianmu.

Mendengarkan podcast dijamin tidak akan kalah menghibur daripada menonton video atau membaca buku. Selain itu, mendengarkan podcast ternyata juga mendatangkan beberapa manfaat lain sebagai berikut.

1. Membuat wawasanmu semakin terbuka

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ragam konten podcast itu luas sekali. Kamu bisa menemukan konten serius yang membahas sebuah isu penting dengan sangat mendalam hingga humor-humor receh yang memicu tawa.

Seperti salah satu episode milik siniar Kosan HAI bertajuk “Derita Anak Kos-Kosan” yang dapat diakses melalui dik.si/KosanHAIE7. Di sana, kedua host, Bani dan Anya membahas kejadian suka duka yang biasa dialami anak kos.

Ditambah lagi, konten podcast itu selalu up-to-date, jadi kamu pasti tidak akan ketinggalan berita terbaru kalau kamu setiap hari mendengarkan podcast.

Semakin kamu sering mendengarkan podcast dengan berbagai jenisnya, kamu bisa belajar banyak hal baru. Mungkin saja karena kamu mendengarkan podcast yang serius, kamu bisa bersikap lebih kritis dalam menanggapi isu-isu terkini.

Baca juga: 5 Manfaat Mendongeng bagi Anak dan Orangtua

Mungkin juga karena kamu mendengarkan podcast komedi yang jenaka, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih luwes dan suka membuat teman-temanmu tertawa.

2. Mengasah kemampuan otak untuk berimajinasi

Agar dapat diakses dengan mudah lewat internet, podcast pada umumnya mengandalkan format audio sehingga ukuran file-nya tetap kecil.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+