Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Mengenal "Tongue Twister" dan Manfaatnya

Kompas.com - 01/11/2022, 20:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Inge Shafa Sekarningrum dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar fasih berbicara bahasa inggris. Salah satunya adalah bermain tongue twister.

Tongue twister adalah cara yang bagus untuk melatih dan meningkatkan pengucapan dan kefasihan. Baik itu dalam bahasa indonesia maupun bahasa inggris. Tongue twister juga dapat membantu meningkatkan aksen dengan menggunakan aliterasi, yang merupakan pengulangan satu suara.

Tidak hanya untuk anak-anak, loh, tetapi juga digunakan oleh aktor, politisi, dan pembicara publik yang ingin terdengar jelas saat berbicara.

Banni dan Anya dalam siniar Kosan HAI episode “Banni dan Anya Main Tongue Twister, Belibet Sih Pasti…” juga turut memainkan permainan ini. Keseruan mereka dapat didengar melalui dik.si/KosanHAIE6.

Manfaat Bermain Tongue Twister

Tongue Twister, ucapan yang bisa dikatakan tidak masuk akal populer yang sangat sulit untuk diucapkan dan tampak seperti rangkaian kata-kata aliteratif yang dimaksudkan untuk membuat lidah tersandung, tetapi, sebenarnya tidak.

Tongue Twister secara teknis telah ada sejak awal abad ke-19 ketika John Harris menerbitkan "Peter Piper’s Practical Principles of Plain and Perfect Pronounciation,” yang menyertakan tango lidah berliku untuk setiap huruf alfabet.

Baca juga: Adu Sekolah, Swasta vs Negeri

Dan sementara buku itu dimaksudkan untuk membantu anak-anak mempelajari dasar-dasar mekanika bicara, twister titulernya cukup menarik perhatian dan mengilhami banyak pengetahuan tentang namanya.

Dilansir dari Engvid, berikut beberapa contoh kalimat yang bisa dijadikan sebagai tantangan dalam bermain tongue twister.

Dalam Bahasa Inggris

Yang pertama, kamu bisa melakukannya dalam bahasa inggris dengan kalimat-kalimat di bawah ini:

  1. She sells seashells by the seashore
  2. How can a clam cram in a clean cream can?
  3. I scream, you scream, we all scream for ice cream
  4. I saw Susie sitting in a shoeshine shop
  5. Susie works in a shoeshine shop. Where she shines she sits, and where she sits she shines
  6. Fuzzy Wuzzy was a bear. Fuzzy Wuzzy had no hair. Fuzzy Wuzzy wasn’t fuzzy, was he?
  7. Can you can a can as a canner can can a can?

Dalam Bahasa Indonesia

Tak hanya dalam bahasa inggris, tongue twister juga ada dalam bahasa indonesia, loh! Berani coba membaca kalimat di bawah ini?

Baca juga: Merekayasa Kenyataan dengan Fotografi

  1. Buaya, biawak, buaian
  2. Kelapa di Parut, Kepala di Garuk
  3. Satu sate, tujuh tusuk
  4. Tongkat Kontak Tongkol
  5. Dudung, ambilkan dandang di dinding dong, Dung!
  6. Kucing kuningku, kencing di kunci-kunciku
  7. Engkau ulung guling ulang ulas suling
  8. Kuku kaki kakak-kakak ku kayak kuku kaki kakek-kakek ku
  9. Kutuku butuh tubuhku, tapi tubuhku tak butuh kutuku
  10. Satu Ribu, Dua Biru, Tiga Ribu, Empat Biru

Mau dengar keseruan bermain tongue twister ala Banni dan Anya? Yuk, dengarkan siniar Kosan HAI episode “Banni dan Anya Main Tongue Twister, Belibet Sih Pasti…” di Spotify!

Ikuti juga siniarnya agar kamu tidak tertinggal episode-episode seru lainnya. Kamu dapat mengakses melalui tautan berikut https://dik.si/KosanHAIE6.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com