Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan BRIN soal Bintang Berjajar Melintas di Langit Gunung Semeru

Kompas.com - 30/07/2022, 07:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Unggahan video yang memperlihatkan jajaran benda bercahaya mirip bintang melintasi langit dekat Gunung Semeru, Jawa Timur, viral di TikTok, pada Kamis (28/7/2022).

Hingga Sabtu (30/7/2022), video tersebut telah ditonton lebih dari 484.000 pengguna TikTok.

Disebutkan video tersebut diambil dari titik pengamatan di Desa Mulyoasri, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Kamis (21/7/2022) hingga Minggu (24/7/2022).

Baca juga: Ramai soal Bintang Berjajar Melintas di Langit Gunung Semeru

@gbchannel87 Setelah muncul pelangi ditengah malam,lalu muncul seperti bintang yg berjajar memanjang melintas di Gunung Semeru.. ????????????????????????? #fenomena #gunungsemeru #fyp #misteri #semeru #fyp? #bintang #meteor @Jhony Vanbejhon ? original sound - putriariani

Lantas, benda bercahaya apa yang melintasi langit dekat Gunung Semeru itu?

Penjelasan BRIN

Terkait video viral tersebut, peneliti pusat sains antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengatakan, jajaran benda bercahaya dalam video tersebut mirip dengan fenomena yang terjadi di Bali pada 5 Maret 2022 silam.

Benda bercahaya tersebut kemungkinan merupakan satelit Starlink yang dioperasikan oleh SpaceX, perusahaan milik Elon Musk.

"Itu adalah satelit Starlink yang berjajar. Satelit komunikasi Starlink yang diluncurkan oleh SpaceX," ujar Andi saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (29/7/2022).

Andi menegaskan, melintasnya Starlink bukan merupakan fenomena yang berbahaya. Sebab satelit ini justru memiliki sejumlah manfaat bagi kehidupan manusia.

"Satelit ini bermanfaat untuk menunjang komunikasi internet berbasis satelit dengan biaya yang lebih murah," jelas Andi.

Baca juga: Penjelasan Peneliti BRIN soal Video Viral Benda Bercahaya di Langit Semeru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com