Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Benda Bercahaya Melintas di Langit Semeru, Ini Kata Ahli

Kompas.com - 14/05/2022, 12:00 WIB
Nur Rohmi Aida,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebuah unggahan video memperlihatkan sebuah obyek bercahaya melintas di langit di atas gunung Semeru, viral di media sosial TikTok.

Unggahan tersebut diposting oleh akun TikTok @gbchannel87.

“Sebuah object melintas di langit Semeru. Rabu 11 Mei 2022 – PKL 18.48 WIB. Tertangkap CCTV didua lokasi yang berbeda,” tulis akun tersebut.

@gbchannel87 Sebuah oject misterius melintas dilangit Semeru,,apakah itu??? ?????????????? #fenomena #gunungsemeru #meteor #misteri #ufo #fyp? #fyp ? Misteri - SadCloud

Hingga kini, postingan tersebut telah disukai lebih dari 5.364 pengguna, mendapat 634 komentar, dan dibagikan lebih dari 107 kali.

Dalam unggahan tersebut, terdapat video yang menunjukkan benda putih bercahaya bergerak dari langit. Beragam komentar muncul terkait unggahan tersebut.

“Positip tinking aja mungkin ufo, meteor, demit, malaikat, goku, kerasakti, heri poter,” tulis akun Wortel.co.

“Ya Alloh smoga tidak terjadi apa2.. lindungi kami semya.. aminnn,” tulis akun September99.

Lantas, benda apakah itu?

Baca juga: Viral, Video Hewan Hidup di Komedo Tampak di Mikroskop, Apa Itu?

Penjelasan ahli

Terkait hal ini, Kompas.com menghubungi Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Bagian Barat PVMBG Badan Geologi KESDM Nia Haerani.

Dia menegaskan bahwa fenomena benda bergerak tersebut tak berkaitan dengan aktivitas Gunung Semeru.

"Melihat video di atas, fenomena benda bergerak tidak berkaitan dengan aktivitas Gunung Semeru," ujar dia, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/5/2022).

“Saya kurang tahu benda/fenomena apa, namun bisa ditanyakan kepada kantor/institusi yang menangani bidang atmosfir/cuaca,” ujarnya. 

Baca juga: Video Viral Rumah Seharga Rp 5,56 Miliar Hanyut Terseret Ombak Laut

Diduga pecahan roket

Sementara itu, Peneliti Riset Antariksa BRIN Andi Pangerang menjelaskan, kemungkinan fenomena benda bergerak yang terlihat 11 Mei 2022 tersebut adalah pecahan roket Long March/Chang Zheng 3B.

“Itu adalah pecahan roket Long March/Chang Zheng 3B yang sudah diprediksi akan jatuh pada 10 Mei 2022,” ujar Andi, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/5/2022).

Ia menjelaskan, perkiraan jatuhnya roket tersebut memiliki toleransi kesalahan waktu lebih atau kurang dari 1 hari dari perkiraan prediksi tanggal tersebut.

Terkait waktu baru terlihat benda pada 11 Mei 2022, ia mengatakan, hal ini sesuai toleransi bahwa roket bisa jatuh lebih cepat atau lebih lambat dari prediksi.

Adapun lokasi jatuhnya pecahan roket tersebut, menurutnya, berada di Kepulauan Palau Samudera Pasifik, sebelah timur laut Maluku Utara.

Dirinya menegaskan, fenomena benda bergerak tersebut bukanlah pertanda bahaya.

“Bukan (pertanda bahaya). Masih aman. Itu hanya pecahan roket yang jatuh di Samudera Pasifik,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com