Gempa Magnitudo 4,6 Guncang Karangasem Bali, Tidak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 29/07/2022, 19:47 WIB

KOMPAS.com - Gempa berkekuatan magnitudo 4,6 mengguncang Karangasem, Bali pada Jumat (29/7/2022) pukul 19.57 Wita

Hal itu dibenarkan oleh Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono.

Daryono mengungkapkan, pusat gempa berada di darat 15 kilometer barat laut Karangasem, Bali dengan kedalaman 10 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (29/7/2022) malam.

Ia menjelaskan, gempa Karangasem, Bali, malam ini dirasakan di beberapa wilayah.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Karangasem, Mataram, dan Lombok Barat III MMI, di mana getaran dirasakan warga seakan-akan ada truk berlalu.

Kemudian, guncangan juga dirasakan di Gianyar dan Denpasar dalam skala intensitas II-III MMI.

Sementara di Lombok Tengah dan Kuta, dirasakan dalam skala intensitas II MMI menyebabkan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Kendati demikian, Daryono memastikan bahwa gempa magnitudo 4,6 yang mengguncang Karangasem, Bali, malam ini tidak berpotensi tsunami.

"Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.," ujarnya.

Hingga saat ini, lanjut dia, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Lebih lanjut, hingga pukul 20.20 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 2 aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.