Siapa Kelompok Prioritas Vaksinasi Covid-19 Dosis Keempat? Ini Kata Epidemiolog

Kompas.com - 29/07/2022, 19:25 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah telah resmi menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua untuk tenaga kesehatan (nakes) pada Jumat (29/7/2022).

Nakes merupakan kelompok yang diprioritaskan untuk mendapatkan vaksinasi dosis keempat.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu mengatakan alasan diberikannya vaksin tersebut karena banyak nakes yang terinfeksi Covid-19.

"Dengan mempertimbangkan semakin banyak jumlah tenaga kesehatan yang terinfeksi Covid-19 dan rekomendasi Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional," kata Maxi dikutip dari Kompas.com (29/7/2022).

Selain itu penambahan imunitas bagi para nakes juga diperlukan, mengingat efektivitas vaksin dosis ketiga atau booster pertama akan menurun ketika sudah lewat enam bulan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa vaksinasi dosis keempat dibutuhkan untuk kembali menguatkan imunitas tubuh para nakes.

“Vaksin keempat sekarang sudah kita bagi, kita utamakan nakes dulu. Karena sekarang sudah enam bulan, data menujukkan imunitas menjadi menurun,” kata Budi dikutip dari Kompas.com, Rabu (27/7/2022).

Lantas, siapa saja selanjutnya yang diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin dosis keempat?

Baca juga: Nakes Akan Terima Vaksin Covid-19 Dosis Keempat, Ini Manfaatnya Menurut Epidemiolog

Penjelasan epidemiolog

Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengungkapkan jika pemberian dosis keempat pada nakes dapat bermanfaat untuk masyarakat.

Hal tersebut dikarenakan kondisi nakes yang sehat bisa memicu pelayanan kesehatan masyarakat yang optimal, tidak mengalami kendala.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.