Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Kelompok Prioritas Vaksinasi Covid-19 Dosis Keempat? Ini Kata Epidemiolog

Kompas.com - 29/07/2022, 19:25 WIB
Taufieq Renaldi Arfiansyah,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah telah resmi menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua untuk tenaga kesehatan (nakes) pada Jumat (29/7/2022).

Nakes merupakan kelompok yang diprioritaskan untuk mendapatkan vaksinasi dosis keempat.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu mengatakan alasan diberikannya vaksin tersebut karena banyak nakes yang terinfeksi Covid-19.

"Dengan mempertimbangkan semakin banyak jumlah tenaga kesehatan yang terinfeksi Covid-19 dan rekomendasi Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional," kata Maxi dikutip dari Kompas.com (29/7/2022).

Selain itu penambahan imunitas bagi para nakes juga diperlukan, mengingat efektivitas vaksin dosis ketiga atau booster pertama akan menurun ketika sudah lewat enam bulan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa vaksinasi dosis keempat dibutuhkan untuk kembali menguatkan imunitas tubuh para nakes.

“Vaksin keempat sekarang sudah kita bagi, kita utamakan nakes dulu. Karena sekarang sudah enam bulan, data menujukkan imunitas menjadi menurun,” kata Budi dikutip dari Kompas.com, Rabu (27/7/2022).

Lantas, siapa saja selanjutnya yang diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin dosis keempat?

Baca juga: Nakes Akan Terima Vaksin Covid-19 Dosis Keempat, Ini Manfaatnya Menurut Epidemiolog

Penjelasan epidemiolog

Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengungkapkan jika pemberian dosis keempat pada nakes dapat bermanfaat untuk masyarakat.

Hal tersebut dikarenakan kondisi nakes yang sehat bisa memicu pelayanan kesehatan masyarakat yang optimal, tidak mengalami kendala.

"Adanya atau keberadaan proteksi yang maksimal optimal bagi tenaga kesehatan itu diperlukan, bukan hanya vaksin tetapi alat proteksi diri juga," kata Dicky kepada Kompas.com, Kamis (28/7/2022).

Nakes termasuk golongan yang masuk kelompok berisiko tinggi, karena berhadapan langsung dengan pasien dan orang yang kemungkinan terinfeksi Covid-19.

"Termasuk juga berada di lingkungan berisiko tinggi untuk terpapar atau bahkan memaparkan Covid-19," jelas Dicky.

Dicky memperkirakan tidak semua nakes akan mendapatkan dosis keempat untuk saat ini, karena diprioritaskan untuk yang bersinggungan langsung dengan masyarakat terlebih dahulu.

Baca juga: Dimulai Hari Ini, Vaksinasi Covid-19 Booster Kedua untuk Nakes Dilakukan di Mana Saja?

Ilustrasi vaksin booster. freepik Ilustrasi vaksin booster.

Kelompok prioritas lain

Dicky mengungkapkan pentingnya memberikan vaksin dosis keempat kepada dua kelompok, yakni yang berisiko tinggi terhadap pekerjaan dan berisiko tinggi karena kondisi tubuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com