Kompas.com - 21/01/2022, 20:00 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri pasien Covid-19, menjaga kesehatan mental selama menjalani isolasi mandiri (isoman). FREEPIKIlustrasi isolasi mandiri pasien Covid-19, menjaga kesehatan mental selama menjalani isolasi mandiri (isoman).

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan aturan terbaru penanganan kasus infeksi virus corona varian Omicron.

Melalui Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 tentang Pencrgahan dan Pengendalian Kasus Covid-19 Varian Omicron (B.1.1.529) yang berlaku 17 Januari 2022.,

Kini orang yang terdeteksi positif Omicron dapat menjalani isolasi di sejumlah lokasi. Lokasi isolasi itu mulai dari rumah sakit hingga isolasi mandiri di rumah.

"Pasien konfirmasi Omicron saat ini bisa melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Widyawati, dikutip dari Kompas.com, Kamis (20/1/2022).

Kendati demikian, tidak semua pasien positif Omicron yang bisa isoman. Ada syarat yang perlu dipenuhi.

Berikut syarat dan ketentuannya:

Baca juga: Aturan Terbaru Kemenkes: Pasien Covid-19 Omicron Bisa Isoman, Berikut Syaratnya

Ketentuan isolasi mandiri

Dalam poin ke-4 SE Menkes tersebut, kasus yang diduga (probable) dan terkonfirmasi varian Omicron, baik bergejala ataupun tidak, semuanya harus menjalani proses isolasi.

Bagi kasus konfirmasi dengan gejala berat-kritis akan dirawat di rumah sakit penyelenggara pelayanan Covid-19.

Sementara itu, kasus konfirmasi dengan gejala sedang atau ringan disertai komorbid yang tidak terkontrol dapat dirawat di rumah sakit lapangan/rumah sakit darurat atau rumah sakit penyelenggara pelayanan Covid-19.

Sementara untuk kasus terkonfirmasi yang tidak menunjukkan gejala juga gejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri atau di rumah masing-masing.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.