Kompas.com - 21/01/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com – Baru-baru ini, ketika membuka Twitter, dan mengetuk tombol “More” maka salah satu pilihan tombol yang muncul adalah “Twitter Blue”.

Ikon Twitter Blue terlihat berbentuk simbol burung Twitter yang berada di tengah-tengah huruf “B” berwarna biru.

Lantas, sebenarnya apa itu Twitter Blue?

Melansir dari laman resmi Twitter, Twitter Blue adalah layanan langganan bulanan yang ditawarkan oleh Twitter untuk pengguna yang ingin mendapatkan akses eksklusif ke fitur premium Twitter.

Melansir dari The Verge, layanan Twitter berlangganan ini pertama kali diluncurkan pada Juni 2021 di Kanada dan Australia di iOS, dan November lalu telah diluncurkan di AS serta Selandia Baru untuk Android dan versi Web.

Baca juga: Twitter Blue Resmi Meluncur, Ini Bedanya dengan Versi Biasa

Fitur Twitter Blue

Dengan Twitter Blue, maka pengguna bisa mendapatkan sejumlah fitur menarik seperti tombol undo, mendapat berita tanpa iklan, serta adanya fitur membaca utas secara lebih nyaman.

Fitur-fitur yang lain adalah adanya bookmark folder, navigasi halaman yang paling sering dibaca, memilih tema, mengunggah video lebih panjang, serta menyematkan percakapan.

Dari semua fitur, fitur adanya tombol undo mungkin adalah yang paling ditunggu.

Sayangnya, fitur undo di sini bukanlah alat untuk mengedit postingan Twitter yang terlanjur dikirim.

Fitur ini memungkinkan pengguna melihat pratinjau dan melakukan perubahan sebelum postingan benar-benar dikirim.

Dikutip dari CNET, nantinya pengguna akan diberi pilihan untuk mengirim langsung Tweetnya atau kembali mengedit sebelum waktu 60 detik.

Fitur Twitter Blue yang mungkin juga diunggulkan, yakni nantinya akan muncul keterangan “Bebas Iklan dengan Twitter Blue” di bawah judul artikel yang dibagikan di Twitter.

Hal itu berarti artikel yang dibagikan tersebut adalah artikel yang dibuat oleh penyedia konten yang bekerjasama dengan Twitter Blue untuk tidak memasang iklan.

Twitter Blue dibangun dari akusisi Twitter terhadap Scroll, platform yang menyediakan fitur serupa.

Kini telah ada lebih dari 300 situs berita yang berbasis di AS yang berpartisipasi dalam program Twitter Blue seperti The Washington Post, The Atlantic, BuzzFeed, The Hollywood Reporter, The Verge, dan sebagainya.

Baca juga: Twitter Blue Rilis di Australia dan Kanada, Ini Fitur-fitur yang Ditawarkan

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.