Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Nocebo, Efek Samping Vaksin Covid-19 karena Sugesti?

Kompas.com - 21/01/2022, 17:00 WIB
Rendika Ferri Kurniawan

Penulis

KOMPAS.com - Efek samping merupakan gejala umum yang dirasakan bagi mereka yang telah menerima suntikan vaksin Covid-19.

Efek samping tersebut bisa berupa sakit kepala, demam, kelelahan, hingga nyeri otot.

Namun dalam studi yang diterbitkan jurnal JAMA Network Open baru-baru ini mengungkap, dua pertiga dari gejala-gejala yang terjadi kemungkinan disebabkan oleh diri sendiri atau dapat dikatakan sugesti.

Para peneliti menyebutnya sebagai efek "Nocebo" atau Nocebo Effect.

Apa itu efek Nocebo?

Baca juga: Ketahui, Ini Efek Samping Vaksin Covid-19 Booster

Apa itu efek Nocebo?

Dilansir dari The Independent, Nocebo berbeda dengan plasebo.

Efek plasebo adalah efek yang terjadi ketika seorang pasien diberikan pengobatan yang tidak memiliki manfaat teraputik farmakologis, seperti injeksi saline atau pil gula, tetapi menghasilkan peningkatan kesehatan.

Sementara itu, efek Nocebo adalah cerminan dari efek Plasebo. Pada efek nasebo, pasien menderita efek samping yang dirasakannya merugikan, meskipun perawatan tidak menimbulkan ancaman tersebut.

Fenomena tersebut menjadi perhatian banyak orang, setelah studi baru menunjukkan hampir dua pertiga dari dampak negatif yang dilaporkan sebagai tanggapan terhadap vaksin Covid-19 (nocebo).

Para peneliti dari Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, Massachusetts, menilai data dari 12 uji klinis vaksin virus corona.

Mereka membandingkan efek samping yang dilaporkan peserta yang menerima suntikan dengan tingkat efek samping yang dialami oleh mereka yang telah diberikan.

Hanya injeksi plasebo yang tidak mengandung serum vaksin.

Baca juga: Mengapa Efek Samping Vaksin Covid-19 pada Orang Berbeda-beda?

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Network Open, efek samping dilaporkan oleh 22.578 penerima plasebo (tanggapan nocebo) dan oleh 22.802 orang yang benar-benar mendapatkan dosis vaksin.

Setelah tusukan pertama (palsu) diberikan, 35 persen penerima plasebo mengeluhkan gejala, seperti demam.

Sementara itu, 19,6 persen melaporkan sakit kepala dan 16,7 persen kelelahan. 16 persen lainnya melaporkan gejala yang lebih terlokalisasi, termasuk rasa sakit di tempat suntikan, nyeri atau bengkak.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com