Kasus Harian Covid-19 Tembus 1.000, Apakah Omicron Sudah Menyebar di Indonesia?

Kompas.com - 17/01/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Pada 15 Januari 2022 lalu, pemerintah melaporkan ada penambahan 1.054 kasus Covid-19 di Indonesia dalam 24 jam terakhir.

Angka tersebut merupakan penambahan kasus harian tertinggi setelah sekitar tiga bulan laju kasus Covid-19 berada di titik terendah.

Selain itu pada Minggu (16/1/2022) Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut bahwa Jakarta bakal menjadi "medan perang" pertama Indonesia melawan Covid-19 Varian Omicron.

"Sekitar 90 persen transmisi lokal (varian Omicron) terjadi di Jakarta. Kita harus persiapkan khusus DKI Jakarta sebagai medan perang pertama menghadapi Omicron dan harus kita pastikan kita menang," ujar Budi, dikutip Kompas.com, Minggu (16/1/2022).

Apakah meningkatnya kasus Covid-19 menjadi 1.000 per hari jadi tanda Varian Omicron sudah menyebar luas di Indonesia?

Baca juga: 7 Daerah di Indonesia yang Sudah Mendeteksi Varian Omicron

Penjelasan epidemiolog

Epidemiolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Bayu Satria Wiratama mengungkapkan, tanda Varian Omicron telah menyebar justru adalah saat muncul kasus transmisi lokal.

"Sebenarnya salah satu tandanya adalah adanya kasus transmisi lokal yang tidak berhubungan dengan PPLN (Pelaku Perjalanan Luar Negeri) dan itu sudah terjadi beberapa hari lalu," kata Bayu pada Kompas.com, Senin (17/1/2022).

Bayu mengungkapkan, kemungkinan besar ketika pertama kali Omicron terdeteksi itu sudah masuk transmisi lokal. Akan tetapi, saat itu pemerintah tidak bisa membuktikannya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, peningkatan kasus tidak hanya dipicu oleh adanya varian ini saja.

"Peningkatan kasus tidak hanya dipicu varian saja. Peningkatan kasus Covid menjadi 1000 per hari salah satunya disebabkan mobilitas yang kemarin terjadi, munculnya varian baru dan berkurangnya kedisiplinan masyarakat terkait 5M," ujar Bayu.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.