Beredar Undangan Tes Interview Rekrutmen Karyawan PT KAI, Waspada Penipuan!

Kompas.com - 21/01/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Di media sosial, ada warganet yang menanyakan kebenaran surat undangan tes interview rekrutmen karyawan diklaim dari PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Pengunggah juga membagikan tangkapan layar surat undangan interview bernomor 119/SDM/KAI-BDG/VII/2022.

"Maaf mau nanya apakah ini benar?," demikian tanya pemilik akun dalam unggahannya di grup Facebook Komunitas Pecinta Kereta Api Indonesia (KPKAI), Kamis (20/1/2022).

Surat undangan ditujukan kepada para peserta tahapan seleksi rekrutmen karyawan PT KAI (Persero).

Dijelaskan bahwa tes interview akan dilakukan di Kantor Cabang Divisi Regional (Divre) III Palembang, Jalan Jend. Achmad Yani 13, Ulu No. 541 Palembang, pada 22-23 Januari 2022.

Baca juga: Ramai soal Protes Duduk Berjarak tapi Berdiri Berdempetan di KRL, Begini Kata KAI Commuter

Lantas, benarkah PT KAI akan menggelar tes interview untuk rekrutmen karyawan?

Penjelasan PT KAI

Saat dikonfirmasi, VP Public Relations KAI Joni Martinus menegaskan bahwa surat undangan tes interview rekrutmen karyawan diklaim dari PT KAI adalah hoaks.

"Hoax," ujar Joni, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (21/1/2022) sore.

Pihaknya kembali mengingatkan masyarakat untuk terus waspada terhadap segala bentuk penipuan dengan modus rekrutmen KAI.

Sebab belakangan ini muncul modus penipuan berupa pesan berantai melalui WhatsApp terkait lowongan KAI yang dikirimkan melalui email.

Modus lainnya, yaitu berupa surat undangan rekrutmen yang mengharuskan peserta untuk menggunakan agen perjalanan tertentu.

"KAI menyayangkan aksi tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan rekrutmen KAI. Masyarakat diharapkan lebih teliti dan kritis jika mendapatkan pesan berupa pengumuman rekrutmen. Dimohon mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu meluluskan peserta rekrutmen," kata Joni. 

Baca juga: Viral, Video Penjaga Pelintasan Halangi Pengendara Motor Saat Kereta Akan Melintas, Ini Kata KAI

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.