Kompas.com - 06/10/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi Densus 88 PERSDA NETWORK/BINA HARNANSIlustrasi Densus 88

KOMPAS.com - Polisi meledakkan bahan peledak jenis Triaceton Triperoxide Aseton Peroksida (TATP) atau biasa disebut "mother of satan" di Gunung Ciremai, Selasa (5/10/2021).

Diberitakan Kompas.com, Selasa (5/10/2021) bahan "mother of satan" yang diledakkan seberat 5 kg dari total 35 kg yang ditemukan oleh Tim Densus 88.

Bahan peledak itu ditemukan Tim Densus 88 di kawasan Karanglenang yang masuk wilayah Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka.

Bahan peledak itu sengaja disembunyikan oleh Imam Mulyana (31) yang merupakan narapidana teroris (napiter) jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang ditangkap pada 2017.

Ledakan 5 kg bahan peledak itu sangat dahsyat, hingga menimbulkan longsor di titik ledakan. Tak hanya itu, suara ledakan juga sangat kencang, dan terdengar sampai 10 Km.

Baca juga: Bahan Bom Mother of Satan Milik Napi Teroris Diledakkan di Gunung Ciremai, Dentumannya Terdengar sampai 10 Km

Mengenal mother of satan

Melansir American Council on Science and Health, 14 November 2018, TATP adalah bahan peledak yang sangat tidak biasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahan peledak itu memiliki 9 atom yang terkandung dalam satu cincin. Hal itu tidak biasa ditemui pada molekul.

Akan tetapi bukan itu yang membuatnya berbahaya. Hal yang membuatnya dijuluki "mother of satan" adalah semua atom oksigen di dalamnya.

Dr. Josh Bloom menjelaskan, molekul yang mengandung banyak gas yang "terperangkap" cenderung tidak stabil.

Artinya, molekul yang mengandung jumlah atom nitrogen dan oksigen yang relatif tinggi dibandingkan dengan atom karbon berpotensi meledak.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.