Kompas.com - 25/09/2021, 21:15 WIB
Kemarahan yang destruktif bisa merusak kondisi jantung. Unsplash/Yogendra SinghKemarahan yang destruktif bisa merusak kondisi jantung.

KOMPAS.com - Kemarahan adalah emosi wajar yang bisa dialami oleh semua orang. Namun bagaimana cara seseorang mengontrol kemarahannya, bisa menyelamatkan kondisi jantung milik mereka sendiri.

Marah adalah emosi yang wajar ketika ada seseorang atau sesuatu mengecewakan kita. Kemarahan bisa tersalur lewat berbagai macam cara.

Ada yang memilih diam seperti memberikan silent treament, ada yang memilih melampiaskannya secara destruktif alias meluap-luap tak terkontrol.

Kemarahan yang tersampaikan secara destruktif ini, pelan-pelan namun pasti bisa mengancam kesehatan jantung Anda.

Baca juga: Untuk Penderita Anxiety, Ini Cara Meredakan Kecemasan di Tengah Kabar Duka

Ancaman kesehatan di balik kemarahan 

Ilustrasi marahfreepik Ilustrasi marah
Dave Montgomery MD, spesialis kardiologi di Rumah Sakit Piedmont di Atlanta Amerika Serikat, mengatakan bahwa ada ancaman berbahaya di balik kemarahan yang destruktif.

"Jika Anda selalu meluapkan amarah secara destruktif, Anda memiliki kesempatan lebih besar terkena serangan jantung," begitu seperti dilansir dari WebMD

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika Anda bisa menyampaikan kemarahan Anda kepada seseorang dengan benar, mengapa Anda marah dan apa penyebabnya, maka hal itu merupakan pertanda yang baik.

Untuk bisa merusak jantung, dibutuhkan tipe kemarahan yang membabi buta dan merusak, baik merusak hubungan seseorang dengan manusia lain atau pun merusak lingkungan di sekitarnya.

Kemarahan bisa memicu menyalanya alarm perkelahian. Ketika ini terjadi, hormon stres pun langsung membanjir, terutama adalah adrenalin dan kortisol.

Kedua hormon ini menyebabkan beberapa efek. Seperti napas yang menderu, jantung yang berdetak cepat, tekanan darah yang meningkat, dan aliran darah yang lebih kencang menderas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.