Kompas.com - 16/07/2021, 15:30 WIB
Cara tepat menyeduh teh untuk meredakan ketegangan Unsplash/Harry CunninghamCara tepat menyeduh teh untuk meredakan ketegangan

KOMPAS.com - Teh pertama kali ditemukan di tahun 2373 SM oleh Kaisar Shen Nong, yang terkenal sebagai bapak pertanian dan pengobatan.

Teh pun menjadi minuman favorit dari abad ke abad. Selain sebagai penyembuh dahaga, teh juga digunakan sebagai minuman relaksasi atau pelepas stres.

Seperti dilansir Kompas.com (03/04/2021), ada ratusan jenis teh dan beberapa di antaranya bisa digunakan dalam ranah kesehatan.

Ada teh kamomil yang bisa digunakan untuk meredakan stres dan mengatasi insomnia, juga teh hibiscus yang jika diminum rutin bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Teh memang melegenda. Di Inggris dan Jepang terutama. Bahkan di Inggris, dalam seharinya masyarakat Tanah Angles tersebut mengonsumsi sekitar 100 juta cangkir teh setiap harinya.

Dilansir dari CNN, hal tersebut memicu banyak ilmuwan untuk mempelajari kandungan teh dan kebiasaan minum teh kaitannya dengan teknik melepas stres dan menurunkan level kecemasan. 

Baca juga: 5 Bahan Teh Herbal Unik, Beberapa di Antaranya Bisa Meringankan Stres

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jenis-jenis teh dan cara mengonsumsinya

Seperti dicukil dari Healthline, beberapa jenis teh bermanfaat untuk meredakan gejala stres, menenangkan penderita anxiety, dan menurunkan level gangguan kesehatan mental lainnya.

Meski begitu, jenis teh yang berguna bagi beberapa orang, belum tentu berfungsi maksimal untuk beberapa orang lainnya.

Jadi memilih dan menentukan jenis teh yang paling tepat untuk tubuh sendiri adalah vital.

Caranya, tentu saja dengan mencoba beberapa teh yang berkhasiat menenangkan, hingga menemukan satu varian yang paling bisa digunakan untuk meredakan kecemasan yang ada.

Berikut adalah jenis teh yang bisa digunakan untuk meredakan stres:

Baca juga: Untuk Penderita Anxiety, Ini Cara Meredakan Kecemasan di Tengah Kabar Duka

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.