Kompas.com - 25/09/2021, 19:20 WIB
Perlu tips khusus untuk mendapatkan panggangan brownies yang crunchy dan lembut di dalam dengan sempurna. Unsplash/ImattsmartPerlu tips khusus untuk mendapatkan panggangan brownies yang crunchy dan lembut di dalam dengan sempurna.

KOMPAS.com - Brownies sempurna adalah yang bertekstur crunchy di luar namun moist atau lembut dan lembab di dalam. 

Ketika Anda terlalu banyak menggunakan tepung tanpa mengimbanginya dengan mentega, maka panggangan brownies akan terlalu kering dan tak bisa lembut di bagian dalam.

Begitu pula ketika Anda menaburkan bubuk cokelat terlalu banyak, maka brownies tak akan makin lezat namun justru akan bertekstur seperti pasir dan menganggu cita rasa kudapan secara keseluruhan.

Membuat brownies memang tak mudah. Untuk mendapatkan tekstur yang renyah di luar namun lembut di dalam, Anda membutuhkan cara-cara tertentu.

Menghimpun data dari berbagai sumber, berikut ini tips membuat brownies dari para baker yang sudah profesional:

Baca juga: Cara Mengembangkan Biang Sourdough, Beri Makan Selama 7 Hari

1. Pilih perasa cokelat yang pas

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada berbagai macam brownies. Jika Anda ingin mengolah brownies yang bertekstur ringan, Anda bisa menggunakan cokelat bubuk dari pada cokelat leleh. Tambah juga komposisi terigu agar adonan bisa terasa ringan dan tak terlalu legit.

Ilustrasi dark chocolate. PIXABAY/CONGERDESIGN Ilustrasi dark chocolate.
Jika Anda ingin mengolah fudgy brownies, Anda harus seimbang dalam menakar perbandingan cokelat leleh, mentega dan telur.

Dilansir dari Goodhousekeeeping, gunakan dark chocolate yang berkualitas baik. Semakin tinggi kualitas cokelat yang ada, akan semakin sempurna rasa brownies yang ada.

Campuran antara dark chocolate kualitas terbaik dengan mentega, bukan margarin, bisa menghasilkan adonan brownies yang pas.

2. Atasi kelebihan minyak yang ada

Kadang-kadang adonan berlebih lemak dan membuat adonan nampak berminyak dan terlalu cair.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.