Untuk Penderita Anxiety, Ini Cara Meredakan Kecemasan di Tengah Kabar Duka

Kompas.com - 16/07/2021, 11:30 WIB
Serangan panik bisa memperburuk kondisi penderita anxiety Unsplash/Anthony TranSerangan panik bisa memperburuk kondisi penderita anxiety

KOMPAS.com - Berita duka yang datang bertubi-tubi di masa pandemi memicu lahirnya serangan panik bagi banyak orang, terutama mereka yang memang sudah memiliki gangguan kecemasan berlebih atau anxiety.

Serangan panik dan cemas berlebih bisa dipicu oleh banyak hal. Mulai dari mendapatkan kabar duka salah satu sahabat atau kerabat berpulang, mendapatkan hasil tes swab positif Covid-19, mendapat kabar salah satu kerabat positif Covid-19, dan masih banyak lagi.

Adanya berita hoax yang memancing ketakutan dan kepanikan juga menjadi salah satu faktor munculnya serangan panik atau panic attack.

Seperti dilansir Kompas.com (15/07/2021), ketika serangan panik muncul otak akan memerintahkan sistem saraf untuk membuat respon melawan atau menghindar.

Efeknya tubuh akan mengeluarkan zat kimia berupa adrenalin yang memicu peningkatan detak jantung, frekuensi napas, dan aliran darah ke otot.

Berbagai efek ini bisa menambah atau memperburuk gejala jika Anda tengah positif Covid-19. Selain itu, serangan panik juga bisa menurunkan imun secara perlahan namun pasti.

Baca juga: Pencegahan dan Penanganan Serangan Panik di Masa Pandemi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pencegahan serangan panik untuk penderita anxiety

Serangan panik bisa menimpa siapa saja, baik penderita anxiety ataupun bukan.Unsplash/Arif Riyanto Serangan panik bisa menimpa siapa saja, baik penderita anxiety ataupun bukan.
Menurut Danti Wulan Manunggal S.Psi, psikolog Ibunda.id, serangan panik bisa menimpa siapa saja.

Baik mereka yang sudah mengantongi anxiety maupun mereka yang kesehatan mentalnya baik-baik saja.

Anxiety sendiri adalah gangguan kesehatan mental berupa kecemasan berlebihan yang menganggu aktivitas sehari-hari.

Masa PPKM Darurat yang dipenuhi berbagai kabar buruk akhir-akhir ini tentu saja menjadi momok menakutkan bagi penderita anxiety.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.