Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Masjidil Haram Menyambut Jemaah Haji 2021

Kompas.com - 16/07/2021, 10:30 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menghentikan penerbitan izin shalat di Masjidil Haram mulai Jumat (16/7/2021) sebagai persiapan untuk menerima jemaah haji.

Izin shalat akan dikeluarkan kembali mulai 24 Juli 2021, mengutip Arab News.

Akibat pandemi Covid-19, haji tahun ini dibatasi untuk 60.000 jemaah yang semuanya berasal dari dalam Arab Saudi, baik warga setempat maupun ekspatriat.

Baca juga: Kiswah Kain Penutup Kabah Mulai Digulung, Tandai Permulaan Haji 2021

Bimbingan haji 135 ulama

Sebelumnya pada 2020, haji hanya diikuti 1.000 peziarah yang diizinkan karena dunia dilanda ketidakpastian saat pandemi pertama kali melanda.

Sementara itu, Kementerian Urusan Islam telah menugaskan 135 ulama dan imam untuk memberikan bimbingan kepada jemaah selama haji mendatang.

Mereka nantinya akan menjawab semua pertanyaan terkait haji.

"Langkah ini sejalan dengan arahan pemerintah untuk menyediakan semua layanan bagi para peziarah agar bisa beribadah dengan mudah dan tenang," kata rilis kementerian.

Saluran telepon juga telah disiapkan untuk memberikan tanggapan otomatis terhadap pertanyaan jemaah haji dalam 10 bahasa: Arab, Inggris, Perancis, Turki, Hindi, Urdu, Hausa, Indonesia, Bengali, dan Amharik.

Cuaca Arab Saudi

Pusat Meteorologi Nasional memprediksi cuaca sangat panas pada musim haji tahun ini, dengan suhu diperkirakan mencapai 45 derajat Celcius di daerah Mashaer.

Kepala Pusat Meterologi Nasional Ayman Ghulam juga memperingatkan adanya potensi angin yang dapat menyebabkan badai pasir dan debu.

Ia tidak mengesampingkan kemungkinan hujan di tempat-tempat suci di Mekkah, seperti Gunung Arafat, Muzdalifah dan Mina, terutama di sore hari.

Pihaknya siap memantau dan menindaklanjuti kondisi dan fenomena cuaca terbaru di semua tempat suci dan berkoordinasi sepanjang waktu dengan otoritas terkait.

Baca juga: Arab Saudi Evakuasi Satu Warganya yang Terinfeksi Covid-19 di Indonesia

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com