Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Partai Koalisi Prabowo-Gibran Usai Ditetapkan Jadi Presiden dan Wakil Presiden Terpilih

Kompas.com - 24/04/2024, 14:00 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka resmi ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada  Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Rabu (24/4/2024).

Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan Nomor 504 Tahun 2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dalam Pemilu 2024.

"KPU menetapkan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih periode tahun 2024-2029 dalam Pemilihan Umum 2024 dengan perolehan suara sebanyak 96.214.691 suara atau 58,59 persen dari total suara sah nasional dan memenuhi sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di 38 provinsi," ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dilansir dari Kompas.com, Rabu.

Mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024, Prabowo-Gibran bakal dilantik sebagai presiden dan wakil presiden ke-8 Indonesia pada 20 Oktober 2024.

Lantas, partai mana saja yang menjadi koalisi Prabowo?

Baca juga: Prabowo-Gibran Resmi Ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih

Partai koalisi Prabowo-Gibran

Diberitakan Kompas.com (17/12/2023), Prabowo-Gibran maju sebagai capres-cawapres 2024 setelah diusung oleh 9 partai politik yang dikenal dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Berikut 9 partai politik yang masuk ke dalam koalisi Prabowo-Gibran:

  1. Partai Gerindra
  2. Partai Demokrat
  3. Partai Golkar
  4. Partai Amanat Nasional (PAN)
  5. Partai Bulan Bintang (PBB)
  6. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
  7. Partai Partai Gelombang Rakyat (Gelora)
  8. Partai Garuda
  9. Partai Rakyat Adil Makmur (Prima).

Dari 9 partai koalisi Prabowo-Gibran, hanya 4 partai yang lolos ke parlemen, yaitu:

  1. Partai Gerindra
  2. Partai Golkar
  3. Partai Amanat Nasional
  4. Partai Demokrat.

Adapun koalisi Prabowo-Gibran yang berada di luar parlemen yaitu PSI, PBB, Partai Garuda, Partai Gelora, dan Partai Prima.

Baca juga: Resmi Ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Kapan Prabowo-Gibran Dilantik?

Prabowo lakukan lobi politik

Usai ditetapkan sebagai presiden terpilih 2024, Prabowo mengaku akan merangkul semua pihak untuk membangun tatanan pemerintahan.

"Kami akan mulai bekerja untuk melakukan komunikasi politik dengan semua unsur di mana kami akan berusaha membangun suatu koalisi yang kuat, koalisi yang efektif,” ujarnya dikutip dari Kompas.id.

Salah satu partai yang sudah bertemu dengan tim hukum Prabowo adalah Nasdem.

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali, mengonfirmasi pertemuan yang berlangsung selama setengah jam itu. Namun belum diketahui pasti apa isi pertemuan tersebut.

Ali memastikan bahwa pertemuan itu tidak membahas hal-hal yang berhubungan dengan politik, termasuk upaya Partai Nasdem untuk merapat ke Koalisi Indonesia Maju.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem Surya Paloh tidak secara gamblang menjawab apakah partainya akan bergabung dengan pemerintahan ke depan.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com