Kompas.com - 19/09/2021, 16:20 WIB
Ilustrasi memberi pupuk NPK pada tanaman. SHUTTERSTOCK/SOORACHET KHEAWHOMIlustrasi memberi pupuk NPK pada tanaman.

KOMPAS.com - Pupuk NPK adalah salah satu jenis pupuk yang cukup familiar dan banyak digunakan oleh masyarakat, utamanya untuk tanaman hias.

Pupuk NPK mengandung beberapa jenis unsur hara makro dan mikro. NPK sendiri merupakan singkatan di mana pupuk tersebut memiliki kandungan unsur hara Nitrogen (N), Phosphat (P) dan Kalium (K), sehingga digabungkan menjadi NPK.

Ketiga unsur tersebut membuat pupuk NPK bisa mengoptimalkan. Penjelasannya yakni, unsur nitrogen membantu pertumbuhan vegetatif, terutama daun.

Baca juga: Ketahui, Jenis-jenis Pupuk NPK dan Kandungannya

Sementara itu, unsur fosfor pada pupuk NPK membantu pertumbuhan akar dan tunas tanaman. Lalu kalium bisa membantu pembungaan dan pembuahan.

Umumnya, pupuk NPK setidaknya memiliki 5 unsur hara yang terdiri dari 3 unsur hara makro yaitu N, P, dan K serta 2 unsur hara mikro.

Saat ini Pupuk NPK memiliki beberapa jenis dari beberapa merek yang beredar di pasaran. Dilansir dari berita Kompas.com (26/1/2021), berikut ini beberapa jenis pupuk NPK yang beserta kandungannya yang banyak ditemukan di pasaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pupuk ini memiliki bentuk butiran granul berwarna biru pudar yang biasanya dikemas dalam kemasan plastik.

Pupuk NPK Mutiara mengandung 5 unsur hara yakni 16 persen nitrogen, 16 persen P2 o5 atau fosfat, 16 persen K2O atau kalium, 0,5 persen MgO atau magnesium dan 6 persen CaO atau kalsium.

Bisa dibilang pupuk NPK Mutiara 16-16-16 adalah pupuk yang paling sering ditemukan di kalangan pengoleksi tanaman hias. Pupuk ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman dengan cepat.

  • NPK Pak Tani 16-16-16

Dikutip dari Pak Tani Digital, pupuk NPK ini merupakan produk dari Rusia yang berkualitas tinggi yang berguna meningkatkan pertumbuhan tunas, menghijaukan daun, serta hasil panen meningkat.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.