Kompas.com - 19/09/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi tanaman hias Monstera deliciosa. UNSPLASH/RADHIKA ROYIlustrasi tanaman hias Monstera deliciosa.

KOMPAS.com - Monstera menjadi salah satu tanaman hias populer dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2021 ini, popularitasnya pun belum redup.

Merawat tanaman Monstera memang tidak sulit, namun tetap tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa masalah yang bisa dialami tanaman hias ini, salah satunya muncul bercak cokelat pada bagian daunnya.

Dilansir dari Smart Garden Guide melalui KOMPAS.com, penyebab paling umum munculnya bercak cokelat pada daun Monstera adalah kelebihan penyiraman atau kondisi tanah yang tidak bisa menyerap air dengan baik.

Selain itu, daun Monstera juga dapat memiliki bercak cokelat karena terlalu banyak terpapar sinar matahari, terserang hama, kurang mendapatkan air, terlalu banyak dipupuk, atau perubahan suhu secara tiba-tiba.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Jumat (8/1/2021), berikut ini 7 penyebab munculnya bercak cokelat pada daun Monstera.

Baca juga: Cara Merawat Monstera Variegata, Tanaman yang Terjual Rp 225 Juta

1. Monstera terlalu banyak disiram

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penyebab bercak cokelat pada daun Monstera yang pertama adalah kelebihan air atau terlalu banyak disiram. Bahkan, penyiraman yang berlebihan dapat membuat tanaman hias ini mati.

Monstera tumbuh baik di tanah yang lembap. Saat media tanam terlalu basah, akar tanaman ini akan membusuk. Saat proses pembusukan akar itulah muncul bercak cokelat pada daun.

Dengan begitu, pastikan 2-4 inci bagian atas media tanam Monstera telah kering sebelum menyiramnya. Selain itu, pastikan juga drainase tanah atau lubang pot memadai agar akar tanaman tidak terendam air.

2. Monstera terserang penyakit

Bercak cokelat pada daun Monstera juga bisa menjadi tanda adanya infeksi jamur atau bakteri. Infeksi jamur biasanya dimulai sebagai bercak cokelat tunggal, yang kemudian menjadi semakin banyak.

Jika tak diatasi, bercak akan membesar dan perlahan seluruh daun berubah menjadi cokelat hingga akhirnya rontok. Oleh sebab itu, bercak cokelat akibat infeksi atau penyakit perlu segera ditangani.

Baca juga: Mengapa Harga Monstera Variegata Bisa Mencapai Rp 225 Juta?

Segera pisahkan tanaman yang memiliki bercak cokelat pada daunnya agar tak menular ke tanaman hias lainnya. Selanjutnya, pangkas daun yang terserang penyakit agar tak menyebar ke daun lainnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.