Kompas.com - 19/09/2021, 08:30 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat memimpin diskusi bersama Forkopimda Provinsi Papua di Jayapura, Papua, Kamis (26/8/2021). Puspen TNIPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat memimpin diskusi bersama Forkopimda Provinsi Papua di Jayapura, Papua, Kamis (26/8/2021).

KOMPAS.com - Sosok yang akan menggantikan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Marsekal Hadi Tjahjanto, hingga kini belum diketahui.

Sampai saat ini, Presiden Joko Widodo juga belum menyerahkan Surat Presiden (Surpres) kepada DPR, sedangkan Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiunnya pada bulan November 2021.

Sementara itu, ada sejumlah tugas yang harus bisa diselesaikan oleh calon Panglima TNI baru yang akan menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Kamis (16/9/2021), hal itu diungkapkan oleh Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI-P, TB Hasanuddin.

Hal pertama yang harus diselesaikan calon panglima TNI baru Indonesia adalah meneruskan proses pembangunan minimum essential force TNI.

Baca juga: Ramai soal Kapal Perang China di Laut Natuna, Ini Respons TNI AL

"Tentu minimum essential force itu bisa saja berubah situasinya. Dalam arti, perlu ada penguatan-penguatan berdasarkan ancaman di lingkungan, baik geopolitik maupun geostrategi," ujar TB Hasanuddin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tugas selanjutnya yang juga harus dibereskan oleh Panglima TNI yaitu meningkatkan profesionalisme prajurit. Hal itu bisa dilakukan dengan meningkatkan pendidikan prajurit dan frekuensi latihan untuk menghadapi setiap ancaman yang datang di masa depan.

"Dari profesionalisme yang kita sekarang sudah miliki, harus naikkan lagi, karena kita tidak bisa lagi (membiarkan) prajurit TNI itu memiliki kemampuan yang asal-asalan. Sudah dilengkapi senjata yang bagus, ya tingkatkan profesionalismenya," tegasnya.

Hasanuddin membeberkan beberapa pelatihan yang dapat dilakukan secara bertahap. Mulai dari latihan perorangan, tingkat regu, tingkat pleton, hingga tingkat gabungan antara angkatan darat, laut dan udara.

Mantan Perwira TNI itu juga berharap agar Panglima baru nantinya bisa meningkatkan kedisiplinan prajurit TNI.

Baca juga: Menanti Calon Panglima TNI Pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto...

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.