Kompas.com - 19/09/2021, 10:30 WIB
Ilustrasi daun salam. PIXABAY/AJALEIlustrasi daun salam.

KOMPAS.com - Daun salam selama ini dikenal sebagai penambah citarasa dan aroma pada masakan, padahal ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat manusia dari daun tersebut.

Berbagai studi menemukan bahwa daun salam memiliki efek diuretik dan memicu keluarnya keringat. Selain itu, masih ada banyak manfaat lain dari daun salam untuk kesehatan.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Kamis (16/9/2021),. berikut ini 5 manfaat daun salam untuk kesehatan.

1. Daun salam dapat meredakan gangguan pada otak

Studi menunjukkan bahwa daun salam bisa meredakan berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan oleh masalah dalam otak, seperti kejang-kejang.

Meski studi yang dilakukan baru diaplikasikan pada tikus, namun ilmuwan yakin bahwa ekstrak daun salam bisa digunakan untuk mengobati atau meringankan gejala epilepsi.

Baca juga: Manfaat Superfood Daun Kelor, Diburu Negara Eropa hingga AS

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Daun salam membantu menyembuhkan batu ginjal

Daun salam memiliki senyawa yang bisa mengurangi produksi urease di dalam tubuh. Urease adalah enzim yang bisa menyebabkan beberapa gangguan di dalam rongga perut, termasuk penyakit batu ginjal.

Urease tak akan menyebabkan penyakit apapun dalam takaran normal. Akan tetapi, dalam jumlah yang berlebihan, urease bisa menimbulkan batu ginjal.

3. Daun salam dapat menyembuhkan luka

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.