Kompas.com - 18/09/2021, 18:50 WIB
Ilustrasi tandon air. SHUTTERSTOCK/TANAKDUSUNIlustrasi tandon air.

KOMPAS.com - Tandon air atau tangki air termasuk salah satu peralatan rumah yang penting. Tandon air bisa berguna untuk menampung air dan memastikan ketersediaan pasokan air bila pompa air atau saluran air PAM mati.

Tandon air memiliki ukuran yang beragam, dari kecil hingga besar. Sedangkan dilihat dari bahannya, tandon air yang paling umum terbuat dari dua jenis bahan, yakni plastik dan stainless steel.

Lalu manakah yang lebih baik? Di antara keduanya, ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dirangkum dari berita Kompas.com (7/9/2021), berikut adalah kelebihan dan kekurangan tandon air plastik dan stainless steel.

Baca juga: Tandon Air Plastik Vs Stainless Steel, Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Tandon air plastik

Ilustrasi tandon air.SHUTTERSTOCK/NASIB DEMLITE Ilustrasi tandon air.

Tandon air plastik umumnya terbuat dari bahan polietilen (PE) maupun fiber glass. Tandon air memiliki keunggulan dibanding tandon air stainless steel yaitu harganya yang lebih murah.

Karena itu tandon air plastik terlihat lebih banyak dipilih oleh pemilik rumah. Selain harganya yang lebih miring, tandon air plastik juga bobotnya lebih ringan, tahan karat, serta antibocor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keunggulan lainnya adalah tandon air plastik mudah diangkut, dipasang, dan dibersihkan. Tidak hanya itu, kebanyakan tandon air plastik berbentuk vertikal, yang berarti tandon air jenis ini cenderung lebih ramping dan tinggi, namun ada juga yang berbentuk pendek dan lebar.

Tandon air plastik juga cukup tahan lama. Soal ketahanan terhadap suhu, tandon air plastik umumnya memiliki titik leleh yang tinggi, yakni sekitar 120 hingga 140 derajat celcius.

Baca juga: Tandon Air Bocor? Begini Cara Memperbaikinya

Itu artinya tandon air plastik cocok digunakan di negara tropis seperti Indonesia, yang menerima cahaya matahari sepanjang tahun.

Kendati demikian, bukan berarti tandon air tanpa kekurangan. Salah satu kekurangan tandon air plastik adalah bisa menimbulkan lumut. Karena itu tandon air plastik harus dibersihkan secara rutin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.