Kompas.com - 18/09/2021, 16:13 WIB
Ilustrasi pupuk kandang, pupuk dari kotoran hewan. SHUTTERSTOCK/SINGKHAMIlustrasi pupuk kandang, pupuk dari kotoran hewan.

KOMPAS.com - Penggunaan pupuk dapat membantu tanaman tumbuh lebih sehat dan subur. Sebab, tanaman yang sehat membutuhkan kombinasi elemen yang tepat.

Misalnya jumlah air, sinar matahari, karbon dioksida dan oksigen yang tepat, dan juga akar membutuhkan nutrisi yang tepat.

Seperti halnya manusia yang membutuhkan suplemen dan vitamin untuk membantu pertumbuhan, pemupukan pada tanaman juga begitu.

Inilah sebabnya mengapa orang memasukkan pupuk ke dalam rutinitas berkebun mereka, yang menyimpan nutrisi yang tepat dalam jumlah yang tepat untuk sebagian besar halaman rumput.

Baca juga: Mana yang Benar, Memberi Pupuk Sebelum atau Setelah Hujan?

Namun sering timbul pertanyaan, kapan waktu terbaik untuk memberi pupuk? Dua waktu yang sering dipertanyakan ialah, pemberian pupuk sebelum hujan atau setelah hujan

Dilansir dari berita Kompas.com (11/9/2021), berikut adalah penjelasannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemupukan sebelum hujan deras

Salah satu alasan mengapa pupuk diberikan sebelum hujan deras adalah karena mereka ingin pupuk tersebut disiram ke tanah dengan baik.

Seperti diketahui, tanaman membutuhkan nitrogen untuk tumbuh dengan sehat. Curah hujan yang tinggi akan memastikan bahwa mereka mendapatkan jumlah nitrogen yang diperlukan.

Hanya saja hal itu juga dapat menyebabkan pupuk terhanyut ke dalam sistem air hujan, dan dengan demikian memengaruhi kualitas air lingkungan.

Ilustrasi memberikan pupuk pada tanaman. SHUTTERSTOCK/ENCIERRO Ilustrasi memberikan pupuk pada tanaman.

Baca juga: 7 Rekomendasi Pupuk Aglonema agar Subur dan Daunnya Lebat

Pemupukan setelah hujan deras

Kemudian ada waktu setelah hujan deras. Pemupukan pada waktu ini dipilih oleh pemilik tanaman karena akan membantu meningkatkan efektivitas pupuk di halaman atau kebun.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.