Kompas.com - 18/09/2021, 17:14 WIB
Ilustrasi tanaman hias Aglonema Modestum. SHUTTERSTOCK/KENDO NICEIlustrasi tanaman hias Aglonema Modestum.

KOMPAS.com - Salah satu masalah yang kerap timbul pada tanaman aglonema adalah daunnya yang mengeci. Meski biasa terjadi, masalah daun aglonema mengecil tidak bisa dianggap sepele.

Akibat yang ditimbulkan dari daun aglonema mengecil bisa fatal. Jika tidak segera diatasi, daun aglonema yang mengecil lama-kelamaan akan membuat tanaman aglonema menjadi kerdil hingga mati.

Lalu bagaimana cara mengatasi daun aglonema yang mengecil? Sebelum mengatasinya, ketahui dulu apa saja penyebab daun aglonema mengecil.

Baca juga: Penyebab Daun Aglonema Mengecil dan Cara Mengatasinya

Seperti diberitakan Kompas.com (7/9/2021), setidaknya ada tiga penyebab daun aglonema mengecil. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Media tanam sudah kurang nutrisi

Penyebab daun aglonema mengecil yang pertama adalah media tanamnya yang sudah kurang nutrisi. Untuk hal satu ini, kamu harus menambahkan nutrisi ke dalam media tanam aglonema dengan dua cara.

Cara pertama yaitu dengan membongkar media tanam kemudian menggantinya dengan media tanam yang baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika cara ini terasa merepotkan, jangan khawatir karena masih ada cara kedua. Cara yang kedua yakni cukup menambahkan media tanam baru ke bagian atas media tanam lama.

Kendati demikian, tambahan media tanam baru cukup menggunakan campuran 1 bagian sekam padi dan 1 bagian pupuk kandang atau kotoran hewan yang sudah didiamkan lama.

Kemudian taburkan media tanam baru dari sekam padi dan pupuk kandang ke bagian atas media tanam aglonema yang sudah lama. Dengan melakukan dua cara tersebut, maka media tanam aglonema akan kembali ternutrisi.

Ilustrasi tanaman hias Aglonema Pink Splash.SHUTTERSTOCK/UNTUNGSUBAGYO Ilustrasi tanaman hias Aglonema Pink Splash.

Baca juga: 7 Rekomendasi Pupuk Aglonema agar Subur dan Daunnya Lebat

2. Aglonema stres

Penyebab daun aglonema mengecil yang berikutnya adalah aglonema yang stres. Stres pada aglonema bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya terlalu lama terpapar sinar matahari.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.