Kompas.com - 01/08/2021, 21:42 WIB
Foto ilustrasi vaksinasi Covid-19. SOPA IMAGES/DIPENDRA ROKKA/ZUMA via DW INDONESIAFoto ilustrasi vaksinasi Covid-19.
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Pemerintah gencar melakukan sosialisasi arti penting vaksin Covid-19. Namun ada juga orang yang enggan atau ragu divaksin dengan sejumlah alasan.

Beberapa alasan biasanya karena mereka termakan hoaks. Misalnya, vaksin akan menginfeksi orang lemah karena mengandung virus yang dilemahkan.

Ada pula hoaks lainnya seperti vaksin mengandung chip, menyebabkan impotensi, mengakibatkan kepunahan manusia, menyebabkan kematian dini dan lainnya.

Informasi hoaks itu beredar dari grup ke grup WhatsApp hingga media sosial. Akibatnya, ada orang yang menolak vaksin karena kerap menerima informasi hoaks tersebut.

Ada juga mereka yang ragu divaksin karena takut efek sampingnya seperti badan lemah, sakit kepala, dan kedinginan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Apa Efek Jika Terlambat Vaksin Covid-19 Dosis Kedua?

Banyak orang yang menolak atau ragu divaksin dengan sejumlah alasan itu bukan hanya terjadi di Indonesia. Di Amerika Serikat kejadiannya sama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir Healthline, vaksinasi di Amerika Serikat mengalami pelambatan. Penduduk dewasa yang bersedia divaksin baru 68 persen.

Para ahli pun mencari cara baru untuk membujuk orang agar bersedia divaksin.

Cara membujuk orang agar divaksin Covid-19

Sebuah suvei baru dari Kaiser Family Foundation (KFF) Covid-19 Vaccine Monitor dilansir Healthline.com menemukan 21 persen orang dewasa yang pada Januari 2021 menunggu divaksinasi, akhirnya berhasil disuntik vaksin.

Mereka berubah pikiran setelah melihat orang-orang terdekatnya yang tidak mengalami efek samping serius setelah divaksin.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Sumber Healthline
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.